PENDAMPINGAN MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR SEKOJO DENGAN MEMBANGUN MARKET MANAGEMENT ONE GATE SYSTEM (MMOGS)

Authors

  • Terttiaavini Terttiaavini Universitas Indo Global Mandiri
  • Tedy Setiawan Saputra STIE APRIN

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19594

Keywords:

market management, market management one gate system, traditional market

Abstract

ABSTRAK

Keberhasilan pasar tradisional sangat bergantung pada sistem pengelolaan pasar. Sejak pandemi COVID-19 pada tahun 2020, terjadi penurunan omset penjualan di Pasar Sekojo. Oleh karena itu, inovasi manajemen pasar perlu dilakukan untuk membantu mendefinisikan kebutuhan pedagang, pembeli, dan pengurus pasar yang lebih baik. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah menerapkan Market Management One Gate System (MMOGS) untuk meningkatkan omset penjualan. Konsep MMOGS bertujuan membangun sistem manajemen pasar yang berfokus pada penguatan kolaborasi bisnis bersama dengan tujuan memberikan keuntungan finansial bagi pedagang, pembeli, dan pengelola pasar. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi model MMOGS kepada pedagang di Pasar Sekojo serta pelatihan bagi anggota UMKM Mitra Kodam II Sriwijaya untuk menerapkan model MMOGS ini. Hasil dari kegiatan PKM ini mencakup peningkatan omset penjualan sebesar 20%, nilai kepuasan pembeli mencapai 73%, kenaikan pendapatan pedagang hingga 30% dalam 6 bulan pertama, dan terciptanya lapangan kerja bagi pedagang.

 

Kata Kunci : pasar tradisional; manajemen pengelolaan pasar; market management one gate system (mmogs)

 

ABSTRACT

The success of traditional markets depends heavily on the market management system. Since the COVID-19 pandemic in 2020, there has been a decline in sales turnover at Pasar Sekojo. Therefore, market management innovations need to be carried out to help better define the needs of traders, buyers, and market administrators. The purpose of this PKM activity is to implement the Market Management One Gate System (MMOGS) to increase sales turnover. The MMOGS concept aims to build a market management system that focuses on strengthening joint business collaboration with the aim of providing financial benefits for traders, buyers, and market managers. The activities carried out include socializing the MMOGS model to traders in Sekojo Market and training for members of the Sriwijaya Kodam II Partner MSMEs to implement this MMOGS model. The results of this PKM activity include an increase in sales turnover by 20%, buyer satisfaction scores reaching 73%, an increase in trader income of up to 30% in the first 6 months, and the creation of jobs for traders.

 

Keywords: market management; market management one gate system; traditional market

Author Biographies

Terttiaavini Terttiaavini, Universitas Indo Global Mandiri

Jurusan Sistem Informasi

Tedy Setiawan Saputra, STIE APRIN

Jurusan Manajemen

References

Argeto, V., Karina, A., Hertati, L., Terttiavini, Eryati, A., & Asmawati. (2021). Sosialisasi Mahasiswa Indo Global Mandiri Pengembangan Coffee Shop Kopi Eksis Pkm Menggunakan E-Commerce. Journal of Sustainable Community Service, 1(3), 150–163. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/JSCS

Fadhilsyah, M., Zahara, M. S., Hertati, L., Terttiaavini, Heryati, A., & Asmawati. (2021). Penerapan Digital Marketing Produk Kemasan Mie Celor Poligon Promosi Online Program MBKM Mahasiswa Indo Global Mandiri. Journal of Sustainable Community Service, 1(4), 164–175.

Ginting, M., & Saputra, A. (2015). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 10–19.

Hartati, L., Asmawati, A., Syafitri, L., Terttiaavini, T., & Hildayanti, S. K. (2023). Strategi Tatakelola Pengembangan Bank Sampah Pupuk Kembang Era Pandemi Kelurahan Siring Agung Kota Palembang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 811–820. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.1877

Hertati, L. (2021). Promosi Penjualan, Audit Manajemen, dan Peran Audit Program terhadap Penerimaan Kas Era Covid-19. Economics and Digital Business Review, 2(1), 58–84. https://doi.org/10.37531/ecotal.v2i1.25

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619

Prihatminingtyas, B., & Setyowati, P. B. (2018). Pengembangan pasar tradisional di kota malang. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), 2.(September), 101–109.

Putra, E. S. (2013). Peraturan Walikota Palembang (p. 6). Walikota Palembang.

Rahayu, S. R. I. E., & Bahri, H. (2014). Studi Komparatif Perubahan Pendapatan Usaha Warung Tradisional Sebelum Dan Sesudah Adanya Warung Retail Modern Di Kecamatan Medan Timur. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02), 151–165.

Reza, M. (2017). Kepastian Hukum. Metro Kaltara, 1. https://www.metrokaltara.com/kepastian-hukum/

Soka, T. D., Miftah, H., & Yusdiarti, A. (2017). Analisis Kinerja Rantai Pasok Sayuran Komersial di Pasar Tradisional Kota Bogor. Jurnal Agribisains, 3(2), 23–31. https://doi.org/10.30997/jagi.v3i2.1047

Sudrajat, A. R., Sumaryana, A., Buchari, R. A., & Tahjan, T. (2018). Perumusan Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional di Kabupaten Sumedang. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 6(1), 53. https://doi.org/10.31289/jppuma.v6i1.1600

Sugiyanto, S. (2009). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Kota Balikpapan). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 5(4), 155–184.

Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Kemplang Tunu Sebagai Produk Cemilan Khas Kota Palembang. Abdimas Mandiri, 3(1), 63–72.

Terttiaavini, Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2020). Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model. Atlantis Press, 151(Icmae 2020), 238–242. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055

Terttiaavini, T., Hartono, Y., Ermatita, & Rini, D. P. (2021). Building a Weighted Performance Indicator Concept utilized The Respondent ’ s Opinion Approach. 2021 3rd International Conference on Electronics Representation and Algorithm (ICERA), 13(April), 76–81. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-178466/v1

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2020). Analisa Pelatihan Strategi Manajemen Penjualan Produk UMKM Menggunakan Digital Marketing Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kampung Keluarga Berhasil ( Kb ). Seminar Nasional AVoER XII 2020, 18–19.

Terttiaavini, T., Saputra, T. S., Heryati, A., Lestari, E. S., & Purnamasari, E. (2019). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Omset Penjualan Kain Tenun Songket Desa Burai. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 543–551. https://meravi.id/pelatihan-digital-marketing-umkm/

Terttiaavini, T., Sofian, & Saputra, T. S. (2022). Pendampingan Penyusunan Program Rencana Kerja Badan Usaha Milik Desa Dalam Rangka Optimalisasi Potensi Desa Serjabo Organ Ilir Sumatera Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3–11. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5608

Widodo, J. (2014). Perdagangan (Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014; pp. 1--80). Pemerintah Republik Indonesia. http://www.kemendag.go.id/files/regulasi/2014/03/11/7-tahun-2014-id-1398758805.pdf

Xu, N., Bai, S. zhen, & Wan, X. (2017). Adding pay-on-delivery to pay-to-order: The value of two payment schemes to online sellers. Electronic Commerce Research and Applications, 21, 27–37. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2016.12.001

Yudoyono, S. B. (2007). Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern (Undang-undang Nomor 112 Tahun 2007). Pemerintahan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles