PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU SD NEGERI 5 PADANGSAMBIAN

Authors

  • N L P Agetania STIKOM Indonesia
  • N L P Mery Marlinda STIKOM Indonesia
  • I M Dedy Setiawan STIKOM Indonesia
  • I K A Diansih Fortuna STIKOM Indonesia
  • Emmy Febriani Thalib STIKOM Indonesia
  • I P Hendika Permana STIKOM Indonesia
  • I P G Eka Suryana STIKOM Indonesia
  • N N Widiyaningsih STIKOM Indonesia
  • K Laksmi Maswari STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2331

Keywords:

training, classroom action research

Abstract

ABSTRAK

Dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru sudah pasti akan berhadapan dengan berbagai persoalan baik menyangkut peserta didik, subject matter, maupun metode pembelajaran. Sebagai seorang profesional, guru harus melakukan peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus dibekali dengan kemampuan meneliti, khususnya Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 5 Padangsambian, dalam menyusun laporan PTK yang sesuai dengan sistematika. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat meliputi beberapa kegiatan yaitu Pengumpulan Data, Indentifikasi Masalah, Analisis Kebutuhan Materi Pelatihan, Perancangan dan Penyusunan Modul Pelatihan, Pelaksanaan Pelatihan, dan Dokumentasi Kegiatan dan Laporan. Dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan penyusunan laporan PTK kepada guru-guru SD Negeri 5 Padangsambian yang telah dilakukan, mampu meningkatkan kemampuan guru-guru dalam penyusunan laporan PTK sebesar 81,26%.

 

Kata kunci: pelatihan; penelitian tindakan kelas.

 

ABSTRACT

In learning activities, a teacher will certainly be dealing with various problems both regarding students, subject matter, and learning methods. As a professional, teachers must continuously improve the quality of learning so that students' learning achievement is optimal. To realize this the teacher must be equipped with the ability to research, especially Classroom Action Research. The purpose of this community service activity is to improve the ability of Padangsambian 5 Elementary School teachers to compile PTK reports in accordance with systematics. The implementation of community service activities includes several activities, namely Data Collection, Problem Identification, Analysis of Training Material Requirements, Training Module Design and Preparation, Training Implementation, and Documentation of Activities and Reports. From the community service activities carried out, it can be concluded that the PTK report preparation training for Padangsambian State Elementary School 5 teachers has been able to improve the ability of teachers in PTK report preparation by 81.26%

 

Keywords: training; classroom action research

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basrowi & Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Furchan, H. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartiny Sams, R. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Saminato. (2010). Ayo Praktik PTK : Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rasail Media Group.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Proses Belajar Mengajar: Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: C.V. Alfabeta.

Wiriaatmadja, R. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yoni, A. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Downloads

Published

2020-11-01

Issue

Section

Articles