PEMANFAATAN MICROSOFT POWERPOINT SEBAGAI SOLUSI STRATEGI VISUAL DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DI MASA PANDEMI

Authors

  • Alvian Alrasid Ajibulloh Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2999

Keywords:

digital marketing, visual design, microsoft powerpoint.

Abstract

ABSTRAK

Wabah Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) telah membuat Indonesia kerepotan, mengharuskan Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penerapan social distancing dan juga work from home. Akibatnya, banyak perubahan perilaku yang dilakukan oleh masyarakat terutama pada daya beli dan konsumsi. Ini memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan sektor UMKM. Menurut kajian yang dibuat oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 memberikan implikasi negatif bagi perekonomian domestik seperti penurunan konsumsi dan daya beli masyarakat, penurunan kinerja perusahaan, ancaman pada sektor perbankan dan keuangan, serta eksistensi UMKM. Kondisi seperti ini membuat beberapa intansi; LPM Universitas Amikom Yogyakarta, Talenta Muda Indonesia dan Smartfren Community, menginisiasi suatu kegiatan sosial yang bertujuan membantu pelaku UMKM melalui segi pengetahuan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode daring, melalui media platform Zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube channel milik Smartfren community. Kegiatan ini dibuka untuk umum terkhusus untuk para pelaku UMKM. Peserta tidak hanya mendapatkan materi tapi juga mendapatkan template desain konten promosi, yang mana template ini bisa diubah sesuai dengan keinginan atau kebutuhan UMKM. Tujuan pelatihan ini ingin memberikan insight atau wawasan baru bagi para pelaku UMKM, yang mana kegiatan ini bisa menjadi satu inspirasi untuk bisa survive and struggle disituasi pandemi ini.

 

Kata kunci: pemasaran digital; desain visual; microsoft powerpoint.

 

ABSTRACT

The 2019 Coronavirus Diseases (Covid-19) outbreak has made Indonesia inconvenient, requiring the Indonesian Government to impose large-scale social restrictions (PSBB) and implement social distancing and also work from home. As a result, many changes in behavior have been made by the community, especially in terms of purchasing power and consumption. This has a big impact on the sustainability of the UMKM sector. According to a study made by the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia, it shows that the COVID-19 pandemic has negative implications for the domestic economy, such as a decrease in public consumption and purchasing power, a decline in company performance, threats to the banking and financial sectors, and the existence of UMKM. Conditions like this create several institutions; LPM Yogyakarta Amikom University, Indonesian Young Talenta and Smartfren Community, initiated a social activity that aims to help UMKM players through a knowledge perspective. This activity is carried out using the online method, through the Zoom meeting media platform and broadcast live via the Smartfren community's Youtube channel. This activity is open to the public, especially for UMKM players. Participants not only get material but also get promotional content design templates, which can be changed according to the wishes or needs of UMKM. The purpose of this training is to provide new insights or insights for UMKM players, which this activity can be an inspiration to be able to survive and struggle in this pandemic situation.

 

Keywords: digital marketing; visual design; microsoft powerpoint.

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-20200805114633.pdf

Fitriyani, I. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Hadi, S., dan S. (2020). Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta. Xi’an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi’an University of Architecture & Technolog, 12(4), 4068–4076. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.37896%2FJXAT12.04%2F1149

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Press Conference; Langkah Penguatan Perlindungan Sosial Dan Stimulus Ekonomi Menghadapi Dampak Covid-19. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/media/14790/materi-konferensi-pers-1-april-2020.pdf

Maryatun. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Promosi, 3(1), 1–13. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/162555-ID-none.pdf

Primasiwi, A. (2020). Peranan Desain dalam Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Webinar Internasional. Retrieved from https://www.suaramerdeka.com/news/nasional/230265-peranan-desain-dalam-pandemi-covid-19-dibahas-dalam-webinar-internasional

Rani Ummi Fadila. (2020). 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19

Rudi., Cepi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Siswanto. (2020). Krisis Covid-19, Pekerja Film Sampai Desainer Grafis Kehilangan Pendapatan. Retrieved from https://akurat.co/news/id-1084384-read-krisis-covid19-pekerja-film-sampai-desainer-grafis-kehilangan-pendapatan

Slamet, R., Nainggolan, B., & Ramdani, H. (2016). Development Strategy Of Digital Start Up To. 136–147.

Downloads

Published

2020-11-03

Issue

Section

Articles