SOSIALISASI DAN PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS PROYEK DALAM KONDISI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Ni Luh Ning Setyarini Putri Astawa STMIK Primakara
  • Ketut Queena Fredlina STMIK Primakara
  • Ni Luh Suminiasih STMIK Primakara

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3118

Keywords:

project-based learning, long distance learning, post-pandemic

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahuan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang menarik bagi siswa .Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan sosialisasi serta penyuluhan tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek menggunakan teknologi di dalam kelas daring dalam kondisi pasca pandemi. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan metode ceramah,simulasi,dan praktik. Dalam pengabdian ini dilakukan pelatihan model pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Pada akhir proses kegiatan, diketahui bahwa peserta pelatihan menanggapi positif kegiatan ini. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan antusiasme peserta selama proses pelatihan berlangsung.

 

Keyword: project-based learning; pembelajaran jarak jauh; pasca pandemi.

 

ABSTRACT

This community service activity aims to increase teacher knowledge in the process of implementing learning that is attractive to students. The purpose of this service activity is to provide socialization and counseling about the implementation of project learning using bold technology in the classroom in post-pandemic conditions. The service used is lecture,simulation, and practice methods. In this service ,learning model training is carried out, especially in English subjects. At the end of the activity, it was discovered that the training participants forgot about positive activities. This can be seen from the result of observations that show the enthusiasm of the participants during the process.

 

Keywords: project-based learning; long distance learning; post-pandemic

References

Astawa, N. L. P. N. S. P., & Utami, N. W. . (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Cerita Digital Sederhana Sebagai Bahan Ajar dalam Kondisi New Normal . Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 143-147. Retrieved from https://www.online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/9832

Dewi, G. A. P. M. K., Putri, N. L. P. N. S., & Wijaya, I. N. Y. A. (2020). Aplikasi Augmented Reality Pada Buku Cerita Bilingual “The Shrimp And The Crabâ€. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2),163-171.

Dhawan, S. (2020). Online learning: A anaceainthetimeof COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

Fayombo, G. A. (2012). Active learning strategies and student learning outcomes among some university students in Barbados. Journal of Educational and Social Research, 2(9),79-79.

Harshbarger, R. (2016). Learning in the 21st Century: A Study Addressing Educational Trends and Implications. Electronic Theses and Dissertations. 5043. Retrieved from: http://stars.library.ucf.edu/etd/5043

Lenz, B. & Adams, L. (2020). This Teachable Moment - Engaging Our KidsIn The Joy Of Learning. USA: PBLWork

Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Putri, N. L. P. N. S. (2018). The Impact Of Project-Based Instruction On Students’ Engagement And Speaking Skills. Widya Accarya, 9(2).

R

ahmi, J. (2018). Pengaruh Strategi Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan) Berbasis Permainan Teka-Teki Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Mata Pelajaran Ips Di Mis Nurul Fadhilah Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

The George Lucas Educational Foundation (2003). Diakses pada 23 April 2015, dari: https://prezi.com/ky_fz_eah7rd/ steps-for-project-based-learning/.

Wajdi, F. (2017). Implementasi project based learning (PBL) dan penilaian autentik dalam pembelajaran drama indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 86-101.

Wibowo, C. H. (2015). Problematika Profesi Guru Dan Solusinya Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs. Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri (Doctoral dissertation, IAINSURAKARTA).

Downloads

Published

2020-11-01

Issue

Section

Articles