COBEK (COMUNITAS BELAJAR AKTIF) DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ONLINE (MI-O) SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK

Authors

  • Johri Sabaryati University of Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Zulkarnain Zulkarnain University of Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • M. Isnaini University of Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Abdul Manan MTs. Negeri 1 Lombok Barat
  • Nursina Sari University of Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3320

Keywords:

active learning, online interactive multimedia, project based.

Abstract

ABSTRAK

Ditengah merebah wabah Covid-19 ini,kegiatan belajar mengajar di sekolah sangat tidak efektif. Fasilitas internet yang dimiliki oleh sekolah belum dimanfaatkan secara optimal, karena penggunaannya masih terbatas pada kegiatan mencari sumber referensi dan penambahan bahan ajar.Padahal kehadiran internet memmiliki dampak positif yaitu lebih dimudahkannya proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Penggunaan aplikasi  multimedia interaktif online dapat mempermudah para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai tempat. Sehingga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi siswa yang diliburkan karena kasus covid-19. Guru dan siswa masih bisa tetap melakukan pembelajaran dengan tetap stay at home untuk kebaikan dan kesehatan bersama. Dalam multimedia interaktif online (MI-O) ini terdapat tugas proyek. sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan kecakapan kolaboratif, meningkatkan keterampilan mengelola sumber. Siswa dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas (classroom meeting), karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online. Pada Pembuatan MI-O ini berjalan sangat antusias karena banyak guru belum familiar mendengar istilah Adobe Animate CC dan Web Hosting SWF sehingga terbentuk komunitas belajar aktif untuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di MTs NW Putra Narmada Desa Lembuak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB.

 

Kata kunci: belajar aktif; multimedia interaktif online; berbasis proyek

 

ABSTRACT

In the midst of the Covid-19 outbreak, teaching and learning activities in schools are very ineffective. Internet facilities that are owned by schools have not been utilized optimally, because their use is still limited to finding reference sources and adding teaching materials. Even though the presence of the internet has a positive impact, namely making the teaching and learning process easier between teachers and students. The use of online interactive multimedia applications can make it easier for students to access online from various places. So that it can be a solution to overcome the conditions of students who were closed due to the Covid-19 case. Teachers and students can still learn by staying at home for the common good and health. In this online interactive multimedia (MI-O) there are project tasks. thus increasing problem-solving skills, increasing collaborative skills, improving resource management skills. Students and teachers do not need to be physically present in class (classroom meeting), because students can study teaching materials and do learning assignments and exams by accessing predefined computer networks online. The MI-O was very enthusiastic because many teachers were not familiar with the terms ADOBE ANIMATE CC and WEB HOTING SWF so that an active learning community was formed for learning activities. This community service activity was carried out at MTs NW Putra Narmada, Lembuak Village, Narmada District, West Lombok Regency, NTB.

 

Keywords: active learning; online interactive multimedia; project based.

Author Biography

Johri Sabaryati, University of Muhammadiyah Mataram, Indonesia

------------------------

Scopus ID: -

Sinta ID: 6039125

Google Scholar

------------------------

Field of Research Interest:

Physics Education, Instrumentation, Computational Physic

References

D Muliyati, Nurhayati, J Sabaryati, S. V. (2019). The granular buoyant force in a two-dimensional intruder-particles bed system. AIP Conference Proceedings 2169 (1), 040005.

Islahudin, I., Sabaryati, J., Zulkarnain, Z., & Soeharto, S. (2020). Design of Work Instruction (WI) Electronic Workbench-Assisted Electrical Measuring Devices to Improve the Internship Concept of Students in Basic Electronic II Course. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). https://doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1722

S Viridi, N Nurhayati, J Sabaryati, D. M. (2018). Two-Dimensional Dynamics of Spherical Grain Floating on the Propagating Wave Fluid Surface. Spektra: Jurnal Fisika Dan Aplikasinya, 3(3), 133–142.

Sabaryati, J., & Darmayanti, N. W. S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA MODEL GUIDE INQUIRY BERBASIS COMPUTERIZED EXPERIMENT TOOL (CET) UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ILMIAH SISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i1.497

Sabaryati, J., & Isnaini, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA BERBASIS KOMPUTERISASI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ILMIAH MAHASISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.577

Sabaryati, J., Isnaini, M., & Ilham, I. (2018). PELATIHAN APLIKASI PERMODELAN KOMPUTER BERBASIS RASH MODEL UNTUK ASSESMENT PENDIDIKAN BAGI GURU-GURU DI PONPES NURUL HARAMAIN PUTRA NARMADA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.564

Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2019). APLIKASI MAP; EFEKTIVITAS MATLAB ALGORITM PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOGIC PHYSICS MAHASISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1018

Downloads

Published

2020-11-20

Issue

Section

Articles