INTEGRITAS PENDIDIKAN MENUAI WIRAUSAHA DI ERA PANDEMI DESA BUNTU KARYA KECAMATAN LUWU KABUPATEN PONRANG SELATAN PROVINSI SULAWESI SELATAN

Authors

  • Harmita Sari Universitas Muhammadiyah Palopo
  • S. M. Anwar Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Hurria Hurria Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Andi Rizkiyah Hasbi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Israini Suriati Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3379

Keywords:

education integrity, entrepreneurship, covid-19, buntu karya village

Abstract

ABSTRAK

Seminar merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai proses untuk memecahkan suatu masalah, atau proses menemukan solusi yang biasanya diangkat dari hasil sebuah penelitian atau literatur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di desa Buntu Karya dengan melihat pendidikan dari masing masing pemuda dan masyarakat, relatif masih kurang dikarenakan kurangnya minat masyarakat akan pendidikan itu sendiri atau masyarakat lebih tertarik untuk bekerja baik bertani maupun pekerjaan lainnya. Dengan melihat adanya berbagai potensi hasil alam yang ada di Desa Buntu Karya penulis mengangkat seminar kewirausahaan dengan maksud agar kiranya warga atau masyarakat dapat mengolah atau memanfaatkan hasil alamnya dengan baik. Karena adanya pandemi sampai saat ini, berbagai dampak yang terjadi salah satunya adalah dampak kecemasan terhadap kesehatan, bagaimana cara menjaga dan menempatkan diri ketika berada di keramaian dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Kata kunci : integritas pendidikan; wirausaha; covid-19; desa buntu karya

 

ABSTRACT

The seminars is one of the activities that can be carried out  as a process to solve a problem, or the process of finding a solution which is usually based on the results of a study or literature. Based on the results of observations and interviews conducted in Buntu Karya Village by looking at the education of each youth and community, it is relatively still lacking due to the lack of public interest in education itself or the community is more interested in working both farming and other jobs. By looking at the various potentials of natural products in Village Buntu creation Village, the author raises an entrepreneurship seminars with the intention that residents or the community can process or make good use of natural products. Because of the existence of pandemic until now, various impacts have occurred, one of which is the impact of anxiety on health, how to guard and place oneself when in a crowd by complying with health protocols.

 

Keywords : education integrity; entrepreneurship; covid-19; buntu karya village

Author Biographies

Harmita Sari, Universitas Muhammadiyah Palopo

Jl. Jenderal Sudirman KM.03 Binturu, kota Palopo, Sulawesi Selatan

S. M. Anwar, Universitas Muhammadiyah Palopo


References

Arifa, F. . (2020) Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid -19.

Aritonang, K. T. (2013) ‘Pengintegrasian Pendidikan Kewirausahaan melalui Pembelajaran Terpadu Berbagai Disiplin Ilmu’, Jurnal Pendidikan Penabur, 12(21), pp. 63–77.

Atsani, L. G. M. Z. (2020) ‘Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Studi Islam, 1(2), pp. 44–54.

Badan pusat Statistik Kabupaten Luwu (2018) Kecamatan Ponrang Selatan dalam Angka, Luwu: Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu.

Badan pusat Statistik Kabupaten Luwu (2019a) Kecamatan Ponrang Selatan dalam Angka, Luwu : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu.

Badan pusat Statistik Kabupaten Luwu (2019b) Kecamatan Ponrang Selatan dalam Angka, Luwu : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu.

Badan pusat Statistik Kabupaten Luwu (2019c) Kecamatan Ponrang Selatan dalam Angka, Luwu : Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu.

Edward Sallis (2006) Total Quality Manajemen In Education. Edited by Ali Bahasa Ahmad Ali Riadi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Eti Rockhaety, dkk (2005) Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indra Djati Sidi (2003) Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Logos.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Luwu Dinas Pendidikan (2018).

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Luwu Dinas Pendidikan (2019).

Maryani, K. (2020) ‘Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pandemi Covid-19’, Murhum, 1(2), pp. 41–52.

Sarwoko, E. (2011) ‘Kajian Empiris Entrepreneur Intention Mahasiswa’, Jurnal Ekonomi Bisnis, (2), pp. 127–135.

Utomo, B. B. and Mashudi dan Nuraini (2014) ‘Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam keluarga dan di Sekolah terhadap Minat Berwirausaha’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), pp. 1–15.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles