PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI

Authors

  • Prima Mutia Sari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKKA
  • Husnin Nahry Yarza Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKKA

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Keywords:

quizizz, wordwall, elementary school

Abstract

ABSTRAK

Pandemi Covid-19 telah merubah proses pembelajaran di sekolah dasar dari pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring. Salah satu kendala yang dihadapi guru sekolah dasar adalah penggunaan aplikasi pembelajaran daring yang menarik bagi siswa. Kegiatan pengabdian ini merupakan pelatihan penggunaan aplikasi Quizziz dan Wordwall dalam pembelajaran bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. Sasaran dari kegiatan ini adalah 25 orang guru yang merupakan mitra pengabdian. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom . Kegiatan terdiri dari dua tahap yaitu 1) Pemaparan materi dan praktek penggunaan aplikasi Quizizz, 2) Pemaparan materi dan praktek penggunaan aplikasi Wordwall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan rata-rata respon peserta. Hasil respon peserta menunjukkan hasil yang positif dimana para guru mendapatkan pengetahuan dan keterampila dalam penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall. Kendala dalam kegiatan ini terkait dengan kestabilan jaringan internet.

 

Kata kunci: quizizz; wordwall; sekolah dasar

 

ABSTRACT

Pandemic Covid-19 has changed the learning process in the elementary school from offline learning to online learning. One of the obstacles faced by elementary school teachers was the use of online learning application that were attractive for students. This service activity was a training on the use of the Quizziz and Wordwall applications in learning for SDIT Al-Kahfi teachers. The target of this activity is 25 teachers. The activity consists of two stages, namely 1) Presentation of the material and practice of using the Quizizz application, 2) Presentation of the material and practice of using the Wordwall application. Data collection techniques was a questionnaire. Data analysis using the average of participant responses. The results of the participants' responses showed positive results where the teachers gained knowledge and skills in using the Quizizz and Wordwall applications. The obstacles in this activity are related to the stability of the internet network.

 

Keywords: quizizz; wordwall; elementary school

Author Biography

Prima Mutia Sari, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKKA

PGSD

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Handarini, O. I., & Siti Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Kinanti, M. D., & FX.Mas Subagio. (2020). PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INGGRIS BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ KELAS IV SEKOLAH DASAR. JPGSD, 8(3), 1–10.

Mei, S. Y., Ju, S. Y., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Sciences Education and Research, 12(1), 208. https://doi.org/10.26417/ejser.v12i1.p208-212

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sari, P. M., & Zulfadewina. (2020). Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Proses Sains Berbantuan Media Kahoot. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 93–98.

Situmorang, K., & Christie Lidya Rumerung, Dwi Yulianto Nugroho,

Peggy Sara T., M. M. Y. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan fitur gamifikasi daring di SMA-SMK Kristen PENABUR Bandar Lampung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 869–877. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.394

Suharsono, A. (2020). The Use of Quizizz and Kahoot! In The Training for Millennial Generation. Journal, International Education, Indonesian, 4(2), 332–342.

Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pada Mata Pelajaran PAI di Tingkat Pendidikan Dasar. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles