EDUKASI ANTI BULLYING BAGI GURU DAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH BUTUH PURWOREJO

Authors

  • Titik Ulfatun Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Winda Pratiwi Santosa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Firsty Presganachya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Clarisa Ayu Zsa-Zsadilla Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4260

Keywords:

anti-bullying, education program, students, teacher, school.

Abstract

ABSTRAK

Bullying merupakan salah satu permasalahan yang serius bagi anak-anak usia sekolah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu kasus bullying yang terjadi adalah kasus bullying di SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo pada awal tahun 2020. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang bullying bagi guru dan siswa SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk edukasi bagi guru dan siswa berupa penyampaian materi yang berkaitan dengan bullying, tanya jawab dengan seorang konselor, dan pemberian media edukasi anti bullying berupa poster dan banner. Mereka juga mengerjakan  pre-test dan post-test. Hasil post-test menunjukkan bahwa guru dan siswa mengalami peningkatan pengetahuan terhadap bullying. Walaupun demikian, peningkatan pengetahuan tersebut tidak signifikan. Kegiatan edukasi serupa sebaiknya dapat dilaksanakan dengan memasukkan tidak hanya aspek pengetahuan saja tetapi juga aspek keterampilan yang berkaitan dengan bullying.   

 

Kata kunci: anti bullying; kegiatan edukasi; siswa; guru; sekolah.

 

ABSTRACT

Bullying is one of the crucial problems for schoolchildren around the world, including in Indonesia. One of the bullying cases that happened was the bullying case in SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo at the beginning of 2020. This community service program aims to improve the knowledge and understanding of bullying of teachers and students in SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo. This program was an educational program for teachers and students by giving them a lecture, question and answer with a counselor, and giving them an anti-bullying poster and banner. Also, they took the pre-test and post-test. The result of the post-test showed that there was a knowledge increase in bullying. However, the increase was not significant enough. A similar program should be done by including not only the knowledge aspect but also the abilities aspect regarding bullying.

 

Keywords: anti-bullying; education program; students; teacher; school.

References

Halimah, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (2015). Persepsi pada bystander terhadap intensitas bullying pada siswa SMP. Jurnal Psikologi, 42(2), 129–140. https://doi.org/10.22146/jpsi.7168

Jayani, D. H. (2019). PISA: Murid korban ’bully ’ di Indonesia tertinggi kelima di dunia. Retrieved from http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia

KPPPA. (n.d.). Bullying. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf

Prihartono, D., & Hastuti, S. (2019). Sosialisasi penyuluhan stop bullying di SD Negeri 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (pp. 1–5).

Ramadhan, G. (2020). Siswi SMP korban perundungan di Purworejo penyandang disabilitas. Tirto.Id.

Saptandari, E. W., & Adiyanti, M. G. (2013). Mengurangi bullying melalui program pelatihan “Guru Peduli.†Jurnal Psikologi UGM, 40(2), 193–210. https://doi.org/10.22146/jpsi.6977

Ulfah, W. V., Mahmudah, S., & Ambarwati, R. M. (2017). Fenomena school bullying yang tak berujung. Intruisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/intuisi.v9i2.11608

UNESCO. (2019). Behind the numbers: Ending school violence and bullying. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Zakaria, A. F. (2016). Studi tentang upaya guru IPS dalam mengembangkan perilaku prososial dan mengurangi perilaku bullying siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3675

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian Dan PPPM, 4(2), 129–389.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles