SIMULASI PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 KAMBERA

Authors

  • Yohana Makaborang Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Erfy Melany Lalupanda Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Ospensius Taranau Kawawu Taranau Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu Hada Endah Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Njdoeroemana Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4375

Keywords:

learning media, biology, three dimensions

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan simulasi kepada Guru Biologi di SMA Negeri 1 Kambera tentang cara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran Biologi dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, studi kasus, curah pendapat, simulasi dan praktik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru Biologi mampu membuat dan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan ini mampu meningkatkan antusias dan motivasi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Selain itu juga guru-guru dapat memperoleh pengetahuan mengenai pembuatan media pembelajaran dalam bentuk Tiga Dimensi dan produk ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata kunci: media pembelajaran; biologi; tiga dimensi

 

ABSTRACT

The aims of this community service is to provide a simulation to the Biology teacher at SMA Negeri 1 Kambera on how to make and use Biology learning media in the learning process. This service uses lectures, discussions, question and answer methods, case studies, brainstorming, simulations and practices. The result of this service activity is that the Biology teacher is able to create and use learning media. This activity is able to increase the enthusiasm and motivation of teachers in utilizing learning media. In addition, teachers can also gain knowledge about making learning media in the form of three dimensions and this product can be used in classroom learning.

 

Keywords: learning media; biology; three dimensions

Author Biography

Yohana Makaborang, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Dosen di UNKRISWINA Sumba

References

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Putri Purwaningrum, J., & Ahyani, L. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat Dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2449

Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2559

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2020). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatan Kompetensi Profesional Guru IPA. Jurnal SOLMA,9(1). https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4406

Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2). https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles