PENYULUHAN HIPERTENSI MELALUI WHATSAPP GROUP SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN HIPERTENSI

Authors

  • Fakhriyah Fakhriyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Athiyya Universitas Lambung Mangkurat
  • Jubaidah Jubaidah Universitas Lambung Mangkurat
  • Lisa Fitriani Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4479

Keywords:

counseling, hypertension, whatsapp group.

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini merupakan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat di Desa Aluh-Aluh Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar dalam mencegah penyakit hipertensi. Berdasarkan hasil diagnosa komunitas, masih banyak didapatkan masyarakat yang terkena hipertensi. Selain itu, berdasarkan informasi yang diperoleh menunjukan masih rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah 1) perencanaan dan persiapan berupa perizinan, membuat whatsapp grup serta mengundang masyarakat sasaran. Selanjutnya tim menyusun kuesioner pre-post test, membuat materi dan media penyuluhan, 2) pelaksanaan dan proses berupa penyajian materi dan penutupan, 3) monitoring dan evaluasi, monitoring dari program ini adalah dengan selalu mem-booster pengetahuan dan sikap masyarakat, evaluasi dari program ini dapat dilihat dari peningkatan pengetahuan dan sikap masyrakat. Hasil penyuluhan menunjukan peningkatan pengetahuan mengenai penyakit hipertensi dari sebelum 76,9% dan setelah mendapatkan materi menjadi 100% dan terjadi peningkatan sikap dari sebelum 92,3% dan setelah mendapatkan materi menjadi 100%.

 

Kata kunci: penyuluhan; hipertensi; whatsapp grup.

 

ABSTRACT

This article is a community service that aims to improve the knowledge and attitudes of the community in Aluh-Aluh Besar Village, Aluh-Aluh District, Banjar Regency in preventing hypertension. Based on the results of community diagnosis, there are still many people affected by hypertension. It was, based on the information obtained, public knowledge about hypertension was still low. The methods used in this outreach are 1) planning and preparation in the form of licensing, creating whatsapp groups and inviting target communities. Furthermore, the team compiled a pre-post test questionnaire, made counseling materials and media, 2) implementation and process in the form of material presentation and closure, 3) monitoring and evaluation, monitoring of this program is to always increase community knowledge and attitudes, evaluation of this program can seen from the increase in knowledge and attitudes of the community. The results of counseling increased knowledge about hypertension before 76.9% and after the material became 100% and the attitude increased from before 92.3% and after getting the material to 100%.

 

Keywords: counseling; hypertension; whatsapp group.

References

Ali, Z. (2000). Dasar-dasar keperawatan Professional. Jakarta: Widya Medika.

Arif, D., & Hartinah, D. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Pusling Desa Klumpit UPT Puskesmas Gribig Kabupaten Kudus. JIKK 4(2): 18–34.

Avessina, M. J., Kustari, S. A., Anisa, Z. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Penyuluhan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(3): 273–281.

Budioro. (2012). Pengantar Pendidikan (Penyuluhan) Kesehatan Masyarakat, Edisi Revisi. Semarang: UNDIP.

Chobanian, A. V. et al. (2003). The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure: The JNC 7 Report. Journal of the American Medical Association 289(19): 2560–2572.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2007). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran (Terjemahan). Edisi 11. Penerjemah: Irawati, Ramadani D, Indriyani F. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar RI. Jakarta: Kemenkes RI.

Kurniasari, S., & Alrosyidi, A. F. (2020). Penyuluhan Hipertensi dan Pemeriksaan Tekanan Darah Pada Kelompok Ibu-Ibu. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 1(2): 74–78.

Limbong, V. A., Rumayar, A., Kandou, G. D. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Tateli Kabupaten Minahasa. Jurnal Kesmas 7(4): 1–5.

Murwarni, A. (2011). Perawatan Pasien Penyakit Dalam. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Muthia, F., Fitriangga, A., Yanti, S. N. (2016). Perbedaan Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Ceramah dan Media Audiovisual (Film) Terhadap Pengetahuan Santri Madrasah Aliyah Pesantren Khulafaur Rasyidin tentang TB paru tahun 2015. Jurnal Cerebellum 2(4): 646–656.

Nelwan, J. E., & Sumampouw, O. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Masyarakat Tentang Hipertensi di Kota Manado. Jurnal PHWB 1(2): 1–7.

Notoadmodjo, S. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasanti D, Ikhsan F. 2018. Pemanfaatan media komunikasi dalam penyebaran informasi kesehatan kepada masyarakat. REFORMASI 8(1): 8-14.

Rahajeng, E., & Tuminah, S. (2009). Prevalensi Hipertensi dan Determinannya di Indonesia. Majalah Kedokteran Indonesia 59(12): 580–587.

Rahmadiana, M. (2012). Komunikasi Kesehatan : Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikogenesis 1(1): 88–94.

Rohmawati, D. L., & Prawoto, E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Peduli Hipertensi Sebagai Upaya Penurunan Tekanan Darah Melalui Terapi Komplementer. Journal of Community Health Development 1(1): 62–67.

Simamora, R. H., & Saragih, E. (2019). Penyuluhan Kesehatan Masyarakat : Penatalaksanaan Perawatan Penderita Asam Urat Menggunakan Media Audiovisual. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 6(1): 24–31.

Sinuraya, R. K. et al. (2017). Pengukuran Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Pada Pasien Hipertensi di Kota Bandung. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia 6(4): 290–297.

Sukmadianata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Pusdakarya.

Susanti, N. et al. (2017). Efektifitas Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Mengatur Pola Makan Lansia Penderita Hipertensi di Puskesmas Serasan Kabupaten Natuna. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan 7(2): 33–38.

Udjianti, W. J. (2011). Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta: Salemba Medika.

Utami, R. B., et al. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Melalui Whatsapp dan Booklet Terhadap Sikap Ayah ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Tuan Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Jurnal Kebidanan Khatulistiwa 6(2): 1–8.

Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Jakarta: Nuha Medika.

WHO. (2018). Global Health Estimates 2016: Deaths by Cause, Age, Sex, by Country and by Region, 2000-2016. Geneva: World Health Organization.

Wijayanti & Mulyadi, B. (2019). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Terhadap Pemahaman Pasien Hipertensi di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia 8(1): 372–739.

Downloads

Published

2021-04-24

Issue

Section

Articles