PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI PELATIHAN ADMINISTRASI PROGRAM SIMPAN PINJAM DI SELEBUNG BATUKLIANG LOMBOK TENGAH

Authors

  • Ibrahim Ibrahim
  • Mas,ad Mas,ad
  • Kamaluddin Kamaluddin
  • Achmad Djunaidi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.457

Keywords:

Pelayanan, BUMDes dan Simpan Pinjam

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan
masyarakat perdesaan. Keberadaan BUMDes terutama program simpan pinjam memberikan nilai
lebih dalam memberikan peluang akses lebih cepat dan mudah dalam meminjamkan uang
sebagai modal usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan badan
usaha milik desa melalui pelatihan administrasi program simpan pinjam pada Desa Selebung
Batukliang Lombok Tengah. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan pihak desa, pengelola BUMDes
dan masyarakat penerima manfaat program. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
model analisis interaktif yaitu analisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan
verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keberadaan pelatihan
administrasi pada program simpan pinjam memberikan dampak positif dalam pengembangan
usaha. Hal ini dibuktikan dari sebelumnya pengolahan admnistrasi masih bersifat administrasi
manual dan berubah menggunakan komputerisasi dengan sistem yang teratur.

Downloads

Published

2018-07-21

Issue

Section

Articles