PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Ida Bagus Alit Arta Wiguna Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4798

Keywords:

skills, competencies, microteahing, kindergarten

Abstract

ABSTRAK

Guru pendidikan anak usia dini merupakan garda terdepan dalam pengembangan karakter dan kemampuan anak diusia keemasannya. Sehingga memerlukan guru pendidikan anak usia dini yang berkompeten terutama dibidang proses belajar mengajar. Pengabdian ini memiliki tujuan yakni menambah pemahaman guru terkait pentingnya keterampilan mengajar dan pentingnya studi dijurusan yang linier. Metode pengabdian ini terdiri dari metode ceramah, diskusi, demontrasi dan metode pratik langsung. Pentingnya hasil dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru PAUD terutama saat  perencanaan dan proses belajar mengajar berlangsung. Pentingnya kuliah yang linier untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD. Peningkatan pemahaman dan kemampuan guru paud sangat signifikan berdasarkan dari hasil pre test dan post test yang telah disebar mengalami peningkatan di setiap katagori, seperti katagori kegiatan mengalami peningkatan 24%, katagori Kegiatan inti 23% dan katagori penutup 27%. Serta dapat dilihat juga dengan pertanyaan dan jawaban yang disampaikan oleh guru.

 

Kata kunci: keterampilan; kompetensi; pembelajaran mikro; PAUD

 

ABSTRACT

Kindergarten teachers are at the forefront of developing the character and abilities of children at their golden age. So that it requires competent early childhood education teachers, especially in the field of teaching and learning processes. This service has the aim of increasing the teacher's understanding of the importance of teaching skills and the importance of linear studies. This service method consists of lectures, discussions, demonstrations and hands-on practical methods. The importance of the results of this service is to improve the skills of kindergarten teachers, especially during the planning and teaching and learning process. The importance of linear lectures to improve the competence of early childhood teachers. The increase in the understanding and ability of paud teachers is very significant based on the results of the pre-test and post-test that have been distributed, which has increased in each category, such as the activity category increased by 24%, the core activity category was 23% and the closing category was 27%. And it can be seen also by the questions and answers submitted by the teacher.

 

Keywords: skills; competencies; microteahing; kindergarten

References

Abril, D. W. (. (2016). Permendikbud No.22 Tahun 2016. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2).

Ardika Yasa, I. M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Budaya Tarung Presean Di Lombok Barat (Perspektif Agama Hindu). Jurnal Penelitian Agama Hindu, 4(1). https://doi.org/10.25078/jpah.v4i1.1334

Felayati Felayati, & Nurhafizah Nurhafizah. (2019). Ugensi Assesment Guru Pauprofesional Berbasis Kompetensi Personality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2).

Gunada, I. W. A., & Yoga Pramana, I. B. K. (2021). Desain Pelatihan Menggambar Ornamen Bali Sebagai Implementasi Nilai Pendidikan Agama Hindu. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1). https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.909

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. In Http://Kemdikbud.Go.Id/ (Issue Mei).

Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan pemahaman anak melalui edukasi dampak penggunaan gawai berlebih 1,2. JMM (Jutnal Masyarakat Mandiri), 4(2).

Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1).

Murdri, M. W. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Falasifa, 1 No.1.

Nurhafizah, N. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN BAHAN SISA. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 2(2b). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Putra, F. F., Sari, J. N., & Suhatman, R. (2012). Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Berbasis Android Augmented Reality. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(September).

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Rudiarta, I. W. (2020). Implikasi Latihan Yoga Asana Bagi Pembentukan Karakter Siswa Di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 4(1). https://doi.org/10.25078/jpah.v4i1.1314

Sutarmanto, S. (2012). KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.42

Wiguna, I. B. A. A. (2020). Student responses on the application of Hypnoteaching method to increase learning activities. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2). https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.23346

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2018). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10325

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles