EDUKASI LITERASI MANUSIA DAN MODEL PEMBELAJARAN

Authors

  • Suyatmini Suyatmini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Titik Ulfatun Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kardiyem Kardiyem Universitas Negeri Semarang
  • Yovi Annang Setiyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arnida Kusumaningtyas Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5577

Keywords:

human literacy, learning models, new literacies.

Abstract

ABSTRAK

Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 membawa tantangan bagi dunia pendidikan termasuk pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan harus mampu menyiapkan lulusannya untuk bersaing pada era tersebut. Untuk dapat bersaing, peserta didik perlu dibekali dengan literasi baru yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Literasi manusia diyakini menjadi literasi yang paling penting karena literasi ini menjaga seseorang tetap dalam kodratnya sebagai manusia di tengah gempuran kecanggihan teknologi yang ada. Penguatan literasi manusia dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pendidikan kejuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan literasi manusia dan model pembelajarannya kepada Bapak/Ibu Guru SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, khususnya jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Program ini dilaksanakan dalam bentuk edukasi dimana tim pengabdian memberikan pendidikan tentang literasi manusia dan model pembelajaran kepada Bapak/Ibu Guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Bapak/Ibu Guru lebih mengenal literasi manusia dan model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menguatkan literasi manusia pada siswa.

 

Kata kunci: literasi manusia; model pembelajaran; literasi baru.

 

ABSTRACT

The Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0 era have brought challenges to education, including vocational education. Vocational education must be able to prepare graduates to compete in those era. To be able to compete, students need to be equipped with new literacies, namely data literacy, technological literacy, and human literacy. Human literacy is believed as the most important literacy because this literacy keeps a person in his nature as a human in the midst of the sophisticated technology development. Strengthening human literacy can be done through the implementation of learning models that are in accordance with the characteristics of vocational education. This activity aims to introduce human literacy and learning models used to reinforce it to teachers at SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, especially those who teach Accounting and Institution Finance. This program is carried out in the form of education where the team provides education about human literacy and learning models to teachers. The results of the activity show that teachers get more knowledge about human literacy for students and what kind of learning models that can be used to reinforce the literacy.

 

Keywords: human literacy; learning models; new literacies.

 

References

Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran digital dalam era Revolusi Industri 4.0 era disrupsi teknologi. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 1–13.

Aoun, J. E. (2017). Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. The MIT Press. https://opensourcebook.in/wp-content/uploads/2020/04/19ele.pdf

Dwijonagoro, S., Ghufron, A., Khurniawan, A. W., Ismara, K. I., Setiadi, B. R., Damarwan, E. S., Rezani, R., Wibowo, A. E., Ratnawati, D., & Panditatwa, P. (2019). Turbulensi pendidikan vokasi di era disrupsi 4.0 (B. R. Setiadi, A. E. Wibowo, & M. A. Majid (eds.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (DitPSMK). https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4585/turbulensi-pendidikan-vokasi-di-era-disrupsi-40

Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of teaching (Fifth Edit). Prentice-Hall of India.

Lestari, S., & Santoso, A. (2019). The roles of digital literacy, technology literacy, and human literacy to encourage work readiness of accounting education students in the fourth industrial revolution era. KnE Social Sciences, Internatio, 513–527. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4031

Pangaribuan, P. (2018). Tantangan revolusi industri 4.0 untuk SMK. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. https://smk.kemdikbud.go.id/konten/3854/tantangan-revolusi-industri-40-untuk-smk

Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah

Rusydiyah, E. F., & Jazil, S. (2020). Percepetions of Faculty of Education Students in Using Problem Based Learning to Increase Human Literacy. Journal of Talent Development and Excellence, 65–84. http://iratde.com/index.php/jtde/article/view/85

Sari, D. I., Rejekiningsih, T., & Muchtarom, M. (2020). The concept of human literacy as civics education strategy to reinforce students’ character in the era of disruption. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 397(3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019)), 1132–1141. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.140

Verawadina, U., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.843.2019

Downloads

Published

2021-12-08

Issue

Section

Articles