PENDAMPINGAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI BAGI KELOMPOK PEREMPUAN ABHISAI TARUS

Authors

  • Aldarine Molidya Universitas Nusa Cendana
  • Nikson Tameno Universitas Nusa Cendana
  • Olivia Louise Eunike Tomasowa Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.6102

Keywords:

albhisai group, digital marketing, entrepreneurship

Abstract

ABSTRAK

Kelompok Perempuan Abhisai terbentuk di tahun 2020, terbentuknya kelompok ini sebagai luaran dari kegiatan PKM yang di adakan oleh Prodi Ekonomi Pembangunan FEB Undana. Kelompok ini beranggotakan kaum perempuan yang berada dalam naungan GMIT Bathesda Tarus. GMIT Bethesda Tarus merupakan salah satu gereja yang melayani di jemaat yang berada di sekitar kelurahan tarus, Air Mata Kabupaten Kupang. Kelompok ini memproduksi minuman herbal instan. Kolompok memiliki kendala dalam proses pemasaran, mereka masih menggunakan cara manual, yaitu dari mulit ke mulut dan lewat akun facebook (media social). Selama melakukan proses produksi ini kelompok menekankan kepada kualitas produk yang dihasilkan.Dalam kegiatan ini menggunakan metode temu usaha dan public assistance dengan melibatkan Kelompok Albhisai sebagai mitra PKM. di GMIT Bethesda Tarus dipandang sesuai dengan kebutuhan mitra PKM sebagai PKM lanjutan di tahun 2020. Kegiatan PKM ini bertujuan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mitra tentang pemasaran secara digital dan meningkatkan pendapatan kelompok Albhisai. Dan tujuan khususnya adalah pengembangan ekonomi lokal dengan terbentuknya Kelompok usaha bersama yang aktif dalam kegiatan ekonomi kecil KUBE. Pelaksanaan PKM memilih  pendekatan  pendampingan yang lebih partisipasif, dengan melakukan Temu Usaha adapaun materi yang akan diberikan  meliputi Penyususnan Laporan keuangan Sederhana, Legalitas Usaha bagi UMKM, Digital Marketing dan Praktek diversifikasi produk. Dalam kegiatan Kelompok Abhisai, menghasilkan satu produk olahan tambahan varian kelompok Abhisai yaitu “Ginger Candy†dan Kelompok Abhisai memiliki 1 Toko Digital dengan menggunakan Aplikasi Tokoku, selain itu Kelompok Abhisai menjadi kelompok yang aktif dalam produksi dan pemasaran

 

Kata Kunci : kelompok albhisai; pemasaran digital; kewirausahan

 

ABSTRACT

The Abhisai Women's Group was formed in 2020, the formation of this group as an outcome of the PKM activities held by the Economic Development Study Program FEB Undana. This group consists of women who are under the auspices of GMIT Bethesda Tarus. GMIT Bethesda Tarus is one of the churches that serves the congregations around the Tarus sub-district, Air Mata, Kupang Regency. This group produces instant herbal drinks. The group has problems in the marketing process, they still use the manual method, namely word of mouth and through Facebook (social media) accounts. During the production process, the group emphasizes the quality of the products produced. In this activity, the group uses the business meeting and public assistance method by involving the Albhisai Group as a PKM partner. at GMIT Bethesda Tarus is considered in accordance with the needs of PKM partners as a follow-up PKM in 2020. This PKM activity is aimed at. The purpose of this activity is to provide understanding and knowledge to partners about digital marketing and increase the income of the Albhisai group. And the specific goal is the development of the local economy by forming a joint business group that is active in KUBE small economic activities. The implementation of PKM chooses a more participatory approach to mentoring, by conducting Business Meetings while the material to be provided includes Simple Financial Statement Preparation, Business Legality for MSMEs, Digital Marketing and product diversification practices. In the activities of the Abhisai Group, it produces one additional processed product variant of the Abhisai group, namely "Ginger Candy" and the Abhisai Group has 1 Digital Store using the Tokoku Application, besides that the Abhisai Group is an active group in production and marketing

 

Keywords : albhisai group; digital marketing; entrepreneurship

Author Biography

Olivia Louise Eunike Tomasowa, Universitas Nusa Cendana


References

Agustin, N. L., Muchsin, S., & Roni Pindahanto Widodo. (2019). Pemberdayaan Perempuan Melalui Gerakan Pkk Dalam Menangani. Jurnal Respon Publik, 13(2), 33–38. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/2112/2024

Badan Pusat Statistik NTT. (2020). Laporan Perekonomian Provinsi NTT : Nusa Tenggara Timur. BPS Provinsi NTT.

Badan Pusat Statistik NTT. (2020). Kabupaten Kupang dalam Angka : Kota Kupang. BPS Kabupaten Kupang.

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120.

Nitisusastro, Mulyadi.(2010). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Alfabetha

Downloads

Published

2022-03-10

Issue

Section

Articles