PELATIHAN MOZAIK BAGI SISWA-SISWI DI SMP MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG

Authors

  • Alipuddin Alipuddin Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  • Ranelis Ranelis ISI Padangpanjang
  • Rahmad Wahington ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6226

Keywords:

mosaic, material, environment, wall decoration.

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Judul â€Pelatihan Mozaik Bagi Siswa-Siswi Di Smp Muhammadiyah Padangpanjang†ini bertujuan supaya siswa dan siswi di SMP Muhammadiyah Padangpanjang mampu untuk membuat benda kerajinan berupa hiasan dinding dengan teknik mozaik. Mozaik merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa dan siswi SMP Muhamadiyah Padang Panjang Sumatera Barat. Pelatihan ini dilakukan dengan dua metode yaitu metode ceramah dan metode demonstrasi. Metode ceramah dilakukan dengan cara   memberikan penjelasan kepada siswa dan siswi di SMP Muhammadiyah Padangpanjang tentang apa itu mozaik, bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan mozaik. Memberikan penjelasan kepada siswa dan siswi bagaimana membuat karya dengan memanfaatkan bahan alam yang ada disekitar lingkungan mereka untuk dijadikan karya seni berupa hiasan dinding. Metode demontrasi dilakukan dengan cara praktek langsung bagaimana proses pembuatan produk dengan teknik mozaik berupa hiasan dinding. Kegiatan ini dimulai dengan penyedian alat dan bahan untuk mozaik seperti daun-daunan, ranting, serbuk ketem dan lain-lain Hasil yang dicapai dari kegiatan pelatihan mozaik ini adalah hampir semua siswa dan siswi mampu memahami apa itu teknik mozaik dan mereka mampu untuk membuat hiasan dinding dengan teknik mozaik dengan bentuk dan motif yang berbeda-beda antara satu anak dengan anak yang lain sehingga memiliki nilai keindahan tersendiri bagi orang yang melihatnya..

 

Kata kunci: mozaik; bahan; lingkungan; hiasan dinding .

 

ABSTRACT

This Community Service with the title "Mosaic Training for Students at SMP Muhammadiyah Padangpanjang" aims to enable students at SMP Muhammadiyah Padangpanjang to be able to make handicrafts in the form of wall hangings with the mosaic technique. Mosaic is a technique in the art of decoration and is also an aspect of interior decoration. The target of this service activity is the students of SMP Muhammadiyah Padang Panjang, West Sumatra. This training was conducted using two methods, namely the lecture method and the demonstration method. The lecture method is carried out by giving explanations to students at SMP Muhammadiyah Padangpanjang about what a mosaic is, the materials and tools used in making a mosaic. Provide an explanation to students and students how to make works by utilizing natural materials that are around their environment to be used as works of art in the form of wall decorations. The demonstration method is carried out by direct practice how the process of making products with mosaic techniques in the form of wall hangings. This activity begins with the provision of tools and materials for mosaics such as leaves, twigs, ketem powder and others. The results achieved from this mosaic training activity are that almost all students are able to understand what a mosaic technique is and they are able to make wall decorations. with a mosaic technique with different shapes and motifs from one child to another so that it has its own beauty value for people who see it.

 

Keywords: mosaic; material; environment; wall decoration.

 

References

Harni & Yunisrul. (2018). Pelatihan ketrampilan berkarya seni kolase, mozaik, dan montase untuk guru sd. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–5.

Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2018). Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD, 9(2). https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235

Nurharini, A., & Widihastrini, F. L. (2020). Pengembangan Karya Kolase , Montase dan Mozaik Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran SBDP bagi Guru SD. Jurnal Panjar, 2(1), 1–7.

Downloads

Published

2021-12-12

Issue

Section

Articles