PELATIHAN FOTOGRAFI PRODUK KEPADA IKATAN REMAJA MASJID BAITURRAHMAN

Authors

  • Bobby Halim Universitas Indo Global Mandiri
  • Amaliatulwalidain Amaliatulwalidain Universitas Indo Global Mandiri
  • Nike Anggraini Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6527

Keywords:

product photography, teenager, IRMA baiturrahman.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pelatihan Fotografi Produk di IRMA Baiturrahman merupakan respon dari pihak terkait. Di tengah kondisi pandemi ini, industri kreatif terus digalakan oleh pemerintah Indonesia. Bidang Fotografi memiliki kesempatan tersendiri saat ini, dikarenakan pandemi yang menyerang Indonesia berakibat perubahan gaya hidup masyarakatnya. Akibat pandemi,masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu dengan daring/online karena melalui daring masyarakat masih dapat beraktivitas sehari-hari,dari bekerja, belajar  hingga menikmati hiburan. Universitas Indo Global Mandiri Palembang, berkomitmen untuk selalu berusaha melakukan pengabdian terhadap masyarakat secara terus menerus sebagai wujud kepedulian insan akademik terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Untuk itu Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indo Global Mandiri Palembang bermaksud menjalin kemitraan dengan IRMA Baiturrahman dengan skema pengabdian internal, yaitu 1) Memberikan wawasan mengenai Fotografi dan pengetahuan mengenai perkembangan fotografi. 2) Memberikan keterampilan Fotografi Produk terhadap peserta pelatihan. 3) Memberikan pengetahuan dan wawasan dalam pembuatan Fotografi Produk. 4) Meningkatkan keterampilan bagi peserta yang sudah memiliki dasar dalam Fotografi. 5) Memberikan motivasi dan kiat-kiat kepada peserta agar dapat menjadi pribadi yang mandiri dan mampu menghasilkan Fotografi Produk secara berkala. Metode yang dipakai pada Kegiatan pelatihan Fotografi Produk ini yaitu Metode Sosialisasi dan Ceramah, Metode Demonstrasi & Metode Bimbingan & Partisipatif. Kegiatan pelatihan Fotografi Produk di IRMA Baiturrahman menghasilkan beberapa foto produk dengan fungsi yang bervariasi.

 

Kata kunci: fotografi produk; remaja ; IRMA baiturrahman.

 

ABSTRACT

The Product Photography training activity at IRMA Baiturrahman is a response from related parties. In the midst of this pandemic, the Indonesian government continues to promote the creative industry. The field of photography has its own opportunity at this time, because the pandemic that attacked Indonesia resulted in changes in the lifestyle of its people. As a result of the pandemic, Indonesian people spend more time online because online people can still do their daily activities, from work, study to enjoying entertainment. Indo Global Mandiri University Palembang, is committed to always trying to do community service continuously as a form of concern for academics to improve the quality of life of the community. For this reason, the Community Service Team of Indo Global Mandiri University Palembang intends to establish a partnership with IRMA Baiturrahman with an internal service scheme, namely 1) Providing insight into Photography and knowledge about the development of photography. 2) Provide Product Photography skills to trainees. 3) Provide knowledge and insight in the manufacture of Product Photography. 4) Improve skills for participants who already have a foundation in Photography. 5) Provide motivation and tips to participants so that they can become independent individuals and are able to produce Product Photography on a regular basis. The methods used in this Product Photography training activity are the Socialization and Lecture Method, the Demonstration Method & the Guidance & Participatory Method. Product Photography training activities at IRMA Baiturrahman produced several product photos with various functions.

 

Keywords: product photography; teenager; IRMA baiturrahman.

Author Biography

Bobby Halim, Universitas Indo Global Mandiri


References

Bayu, D. J. (2020). Rasio Pemuda Indonesia Cenderung Menurun dalam Satu Dekade Terakhir. Retrieved from Databoks Katadata website: https://databoks. katadata.co.id/datapublish/2020/12/23/rasio-pemuda-indonesia-cenderung-menurun-dalam-satu-dekade-terakhir

Koentjarajingrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simon, S., & Rickman, R. (2014). Komposisi: Dari Foto Biasa Jadi Luar Biasa. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suryana, J. (2015). Tinjauan Seni Rupa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanto, M. (2011). Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Zahar, I. (2017). 11 Kiat Jitu Fotografer Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2021-12-11

Issue

Section

Articles