OPTIMALISASI PENJUALAN KRIPIK PISANG DAN GEBLEK DI MASA PANDEMI COVID-19, PEDUKUHAN TURUSAN, GIRIMULYO, KULON PROGO

Authors

  • Ulung Pribadi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Juhari Juhari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Rossi Maunofa Widayat Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6556

Keywords:

"UMKM", "kripik pisang" "geblek", financial management, social media, marketing management

Abstract

ABSTRAK

Pendapatan pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kripik Pisang Ibu Siti dan Geblek Buk Tuminem mengalami penurunan semenjak pandemi covid-19. Selain itu juga adanya beberapa keterbatasan pada kedua UMKM tersebut pada proses penjualan antara lain, packaging produk masih sederhana dengan cara manual sehingga produk yang akan dipasarkan tidak tahan lama, belum memiliki label kemasan, dan pemasaran produk masih belum luas. Dari permasalahan mitra tersebut UMY melalui program pengabdian kepada masyarakat yang disinergikan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki beberapa program kegiatan untuk mengatasi permasalahan mitra. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas penjualan serta pemasaran Kripik Pisang Ibu Siti dan Geblek Ibu Tuminem ditengah pandemi covid-19. Kedua UMKM telah diberikan sosialisasi serta pelatihan menggunakan media sosial di era digitalisasi dan untuk membantu pemilik UMKM dalam mengatasi penurunan penjualan di masa pandemi Covid-19. Tim pengabdi telah membuatkan akun media sosial, dan juga telah membuatkan logo dan pamflet yang nantinya akan disebarkan melalui media sosial agar dapat meningkatkan hasil penjualan. Serta menciptakan packaging product yang menarik sehingga menambahkan daya tarik konsumen.

 

Kata_kunci : optimalisasi; UMKM “Kripik Pisang†“Geblekâ€;  media  sosial; manajemen pemasaran.

 

ABSTRACT

Entrepreneurs of "kripik pisang" led by Mrs. Siti and "geblek" led by Mrs. Tuminem are facing big problems, especially in the era of the covid-19 pandemic. First, these Micro, Small and Medium Enterprises (“MSMEsâ€) do not utilize the internet and social media networks to market their products. Second, they haven't packaging products that attract consumers' attention. Third, they do not manage their finances well. Therefore, they get a small income and even tend to decline. The UMY Community Service Team and KKN students have implemented programs and activities to empower these entrepreneurs. First, this team has socialized and taught how to create attractive accounts on the internet and social media to expand product marketing. Second, this team has helped the small entrepreneur to package and label innovative products. Third, this team helps the entrepreneur to properly manage the company's finances. This team hopes to realize the goal, namely that small entrepreneurs can expand product marketing and increase consumers. That way, they can get a significant increase in income.

 

Keywords: "UMKM"; "kripik pisang" "geblek"; financial management; social media; marketing management

Author Biography

Ulung Pribadi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


References

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). STRATEGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) BERTAHAN PADA KONDISI PANDEMIK COVID 19 DI INDONESIA. SENTRINOV, 6(2), 139–146.

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.

Koeswandi, T. A., & Primaskara, E. A. (2020). Analisis Saluran Pemasaran Terintegrasi UMKM Badii Farm Purwakarta dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, (March). https://doi.org/10.17509/jimb.v11i1.23784

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1).

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April).

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Downloads

Published

2021-12-12

Issue

Section

Articles