UPAYA PENINGKATAN STRATEGI BERSAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI INOVASI DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK DI KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Ahmad Almaududi Nur Ahmas Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tris Sutrisno Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ina Ratnasari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625

Keywords:

micro, small and medium enterprises, MSMEs, competitive strategy, design, packaging, marketing

Abstract

ABSTRAK

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia saat ini sedang menghadapi dua krisis yaitu, krisis kesehatan akibat wabah Covid 19 dan resesi ekonomi. Resesi ekonomi artinya, pengurangan yang signifikan dalam kegiatan ekonomi, menyebar ke seluruh perekonomian dan berlangsung selama lebih dari beberapa bulan, biasanya tercermin dalam PDB riil, lapangan kerja, produksi industri, penjualan grosir dan eceran. Melalui Kuliah Kerja Nyata yang bertemakan “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang†kami memiliki program kerja yaitu mengadakan Seminar dan webinar untuk mensosialisasikan mengenai Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang, selama masa pandemi covid 19.Tujuan kegiatan tersebut dengan adanya program kerja tersebut kami berharap bisa menjadi salah satu pendorong dalam ketahanan UMKM selama masa pandemi covid 19. Strategi Bersaing disini ialah untuk mencapai tujuan yang telah di terapkan dari sebelumnya. Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa UMKM yang melihat pelatihan di Dinas Koperasi UMKM Karawang dan ada juga yang melihat melalui zoom meeting. Agar UMKM tetap bisa menjadi pendorong kestabilan perekonomian Negara.UMKM yang menjadi sasaran kami yaitu UMKM yang berada di Kabupaten Karawang. Data UMKM untuk Kabupaten Karawang kami dapatkan dari Dinas Koperasi Kabupaten Karawang, kami mengambil sampel sebanyak 4 UMKM. Hal ini dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki di kelompok KKN kami. Untuk proses analisis ini dilakukan secara daring melalui chat WhatsApp, dibagi 4 kelompok untuk menganalisis satu UMKM.

 

Kata kunci: usaha mikro; kecil dan menengah; UMKM; strategi bersaing; desain; kemasan; pemasaran

 

ABSTRACT

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia are currently facing two crises, namely, the health crisis due to the Covid 19 outbreak and the economic recession. An economic recession means, a significant reduction in economic activity, spreads throughout the economy and lasts for more than a few months, usually reflected in real GDP, employment, industrial production, wholesale and retail sales. Through a Real Work Lecture with the theme "Efforts to Improve Competitive Strategies of Micro, Small and Medium Enterprises Through Packaging Design Innovations and Product Marketing in Karawang Regency" we have a work program, namely holding seminars and webinars to socialize the Efforts to Improve Competitive Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises Through Packaging Design Innovations and Product Marketing in Karawang Regency, during the Covid 19 pandemic. applied from before. In this activity there were several MSMEs who saw the training at the Karawang MSME Cooperative Service and some who saw it through a zoom meeting. So that MSMEs can continue to be a driving force for the country's economic stability. MSMEs that are our target are MSMEs located in Karawang Regency. We got MSME data for Karawang Regency from the Karawang Regency Cooperative Service, we took a sample of 4 MSMEs. This is due to the limited human resources (HR) in our KKN group. The analysis process was carried out online via WhatsApp chat, divided into 4 groups to analyze one MSME.

 

Keywords: micro; small and medium enterprises; MSMEs; competitive strategy; design; packaging; marketing

References

Ahmad Almaududi Nur Ahmas. (2021). KKN Kelompok 37. Karawang.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2010). Statistik Indonesia. Jakarta Pusat.

Hadiyati, Ernani. (2009). Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan . Vol. 11 (2): 183-192. Hubeis. Musa. .

Rodoni, Ahmad & Abdul Hamid. (2008). Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta Timur.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, Tulus. (2009). UMKM di Indonesia dan Beberapa Isu Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Universitas Singaperbangsa Karawang. (2021). LPPM UNSIKA. Karawang.

Downloads

Published

2022-03-06

Issue

Section

Articles