PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PERANCANGAN VIDEO BRANDING DESA WISATA CAU BELAYU KABUPATEN TABANAN

Authors

  • Syarifah Nabilah Rachmat Universitas Pendidikan Nasional
  • Putri Ekaresty Haes Universitas Pendidikan Nasional
  • Made Ayu Anggi Puspitadewi Universitas Pendidikan Nasional
  • Gusti Ayu Putu Wirasanti Universitas Pendidikan Nasional
  • Kania Putri Abubakrin Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7703

Keywords:

cau belayu village, promotion, media, branding video.

Abstract

ABSTRAK

Desa Cau Belayu adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Desa Cau Belayu memiliki potensi wisata yang cukup menonjol dengan keasrian alamnya serta pengalaman yang diberikan. Adapun berbagai ragam tempat wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan seperti Air Terjun Pengempu, Tubbing, Becak, dan Camping ground. Terlepas dari keindahan yang dimiliki, Desa Cau Belayu masih belum banyak diketahui oleh warga lokal ataupun wisatawan asing. Dengan itu, upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan wisata dari Cau Belayu yakni dengan melakukan pembuatan video branding bersama masyarakat Desa Cau Belayu serta Mahasiswa KKN UNDIKNAS yang bertujuan untuk mengajak wisatawan agar berkunjung dan tetap menjaga keindahan serta keasrian alam dari Desa Cau Belayu, video ini dipublikasikan di media sosial.

 

Kata kunci: desa cau belayu; promosi; media; video branding.

 

ABSTRACT

Cau Belayu Village has tourism potential that is quite prominent with its natural beauty and the experience it provides. There are various kinds of tourist attractions that can be enjoyed by tourists such as Pengmpu Waterfall, Tubbing, Becak, and Camping ground. Apart from its beauty, Cau Belayu Village is still not widely known by local residents or foreign tourists. Cau Belayu Village is a village located in the Marga District, Tabanan Regency. Cau Belayu Village has tourism potential that is quite prominent with its natural beauty and the experience it provides. The various tourist attractions that can be enjoyed by tourists such as Pengmpu Waterfall, Tubbing, Pedicab, and Camping ground. Apart from its beauty, Cau Belayu Village is still not widely known by local residents or foreign tourists. With that, the effort made to introduce tourism from Cau Belayu is by making a branding video with the Cau Belayu Village community and UNDIKNAS KKN students which aims to invite tourists to visit and maintain the beauty and natural beauty of Cau Belayu Village, this video is published on social media.

 

Keywords: cau belayu village; promotion; media; branding video.

Author Biography

Syarifah Nabilah Rachmat, Universitas Pendidikan Nasional


References

Ardhi, Y. (2013). Merancang media promosi unik dan menarik. Yogyakarta: TAKA Publisher.

Asnada, R. T., & Sulistyono, S. (2020). Pengaruh Inertial Measurement Unit (IMU) MPU- 6050 3-Axis Gyro dan 3-Axis Accelerometer pada Sistem Penstabil Kamera (Gimbal) Untuk Aplikasi Videografi. Jurnal Teknologi Elektro,11(1). https://doi.org/10.22441/jte.2020.v11i1.007

Maimunah, M., Sunarya, L., & Larasati, N. (2012). MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI. CCIT Journal,5(3). https://doi.org/10.33050/ccit.v5i3.155

Pangestu, A., Susanti, E., & ... (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. Prosiding Seminar …, 5(1).

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA, BRAND AWARENESS, PURCHASE INTENTION PADA PRODUK SEPATU OLAHRAGA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1).

Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2). https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345

Yudani, H. D. (2018). Perancangan Video Iklan Destination Branding Kabupaten Kediri. Nirmana,17(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.17.1.22-29

Downloads

Published

2022-03-07

Issue

Section

Articles