PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI SD NEGERI 3 SULAHAN

Authors

  • Desak Putu A. Janawati Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya
  • I Nengah Sueca Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7714

Keywords:

assistance, early reading and writing.

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I di SD Negeri 3 Sulahan. Selama pandemi Covid-19, proses pembelajaran di sekolah berjalan secara daring dengan dibimbing orang tua. Banyak orang tua siswa kurang memahami penanaman konsep membaca dan menulis permulaan. Setelah hampir dua tahun pandemi akibat covid-19, pembelajaran di sekolah mulai dibuka secara bertahap dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan bersama. Namun, pembelajaran membaca permulaan di SD 3 Sulahan masih terkendala yang mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa. Setelah pembelajaran tatap muka diberlakukan, diadakakanlah pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendampingan pembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Sulahan. Berdasarkan observasi yang dilakukan banyak siswa yang belum terampil dalam membaca dan menulis permulaan sehingga pendampingan pembelajatan membaca dan menulis permulaan sangat penting dilakukan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan pengabdian ini adalah PALS (participatory action learning system). Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pendampingan pembelajaran membaca dan menulis dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa SD Negeri 3 Sulahan. Dari hasil tes membaca dan menulis permulaan terjadi peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan sebesar 32%. Hasil kemapuan membaca dan menulis permulaan yang awalnya 57 menjadi 75,24. Dengan demikian pendampingan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dapat meningkatkan kemampuan siswa SD Negeri 3 Sulahan.  

 

Kata kunci: pendampingan; membaca menulis permulaan.

 

ABSTRACT

This service aims to improve the reading and writing skills of first graders at SD Negeri 3 Sulahan. During the Covid-19 pandemic, the learning process at schools runs online under the guidance of parents. Many parents of students do not understand the concept of early reading and writing. After almost two years of the COVID-19 pandemic, learning in schools has begun to be opened gradually while still adhering to health protocols for mutual safety. However, learning to read at the beginning of SD 3 Sulahan is still hampered which results in the low ability of students to read and write at the beginning. After face-to-face learning is implemented, community service is held by providing assistance in learning to read and write for the first graders of SD Negeri 3 Sulahan. Based on observations made by many students who are not yet skilled in reading and writing beginning, so that mentoring in early reading and writing is very important. The method used in this service assistance activity is PALS (participatory action learning system). The results of this service indicate that mentoring in reading and writing learning can improve the reading and writing skills of SD Negeri 3 Sulahan students. From the results of the initial reading and writing test, there was an increase in initial reading and writing ability by 32%. The initial reading and writing ability results from 57 to 75.24. Thus, mentoring in early reading and writing learning can improve the ability of SD Negeri 3 Sulahan students.

 

Keywords: assistance; early reading and writing.

References

kepada masyarakat di SD Negeri 3 Sulahan. Terimakasih kepada tim yang sudah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya dalam memebrikan pendampingan pembelajaran membaca dan menulis permulaan di SD Negeri 3 Sulahan. Semoga keterampilan membaca dan menulis siswa kelas I SD Negeri 3 Sulahan terus meningkata sehingga siap untuk ke tahap membaca dan menulis selanjutnya.

DAFTAR RUJUKAN

Dewi Mustikowati1, Eka Wijayanti2, J. D. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptua, 1, 39.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hariyati, M. (2016). Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd Negeri 01 Pulosari Kebakkramat Tahun 2015/2016. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Janawati , Sudiana, D. (2013). Kata Dalam Permainan Domino Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca. 3.

Janawati, D. P. A., Pradnyana, P. B., & Darmayanti, N. W. S. (2021). Developing Interactive E-Book for Early Reading-Writing Stage at Class I Elementary School. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1466

Sudirman, I. N., Darmayanti, N. W. S., & Pradnyana, P. B. (2021). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI DESA SONGAN DALAM MEMUTUS LAJU PENYEBARAN COVID 19. 5, 867–870.

Sueca, I. N., & Artajaya, G. S. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEUR BERBASIS POTENSI DIRI DALAM PENGUATAN KARAKTER GENERASI MILENIAL DI YAYASAN DVIPANTARA SAMSKRTAM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 932–935.

Wulandari, T. T. (2016). Pengembangan Alat Peraga Membaca dan Menulis Permulaan Berbaisis Metode Montessori. 2–3.

Downloads

Published

2022-03-16

Issue

Section

Articles