IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BANTUAN WARGA KAMPUNG PULOJAHE JAKARTA TIMUR BERBASIS WEB

Authors

  • Nur Arif Khairudin STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA
  • Veri Arinal STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA
  • Frencis Matheos Sarimole STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA
  • Yuma Akbar STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA
  • Dava Septya Arroufu STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA
  • Anita Rosiana STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA
  • Rizky Adawiyah STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7881

Keywords:

social assistance, assistance management, resident

Abstract

ABSTRAK

Di era pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah membawa dampak besar di berbagai negara, termasuk di negara Indonesia. Setiap negara mempunyai kebijakan sendiri dalam menangani wabah ini, mulai dari diwajibkan untuk menjaga jarak, penerapan protokol kesehatan, hingga adanya penyaluran bantuan sosial dari pemerintah dengan tujuan terpenuhi nya semua kebutuhan masyarakat terutama yang terdampak langsung akibat pandemi ini. Bantuan sosial tersebut bermacam macam, diantaranya adalah Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Sembako, Program Keluarga Harapan, dan masih banyak lagi. Terkait sistem untuk pendataan masyarakat yang menerima bantuan sosial juga menjadi sangat penting sehingga data warga yang terpilih mendapatkan bantuan sosial lebih tepat sasaran dan juga lebih akurat. Oleh karena itu, perlu dibuatkan suatu sistem pengelolaan bantuan agar dapat membantu pengurus RT untuk menyalurkan bantuan sosial secara lebih akurat dan efisien. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah meningkatkan ketepatan dalam penyaluran bantuan dari pemerintah kepada seluruh masyarakat. Dalam pembuatan sistem informasi pengelolaan bantuan berbasis web yang efektif, efisien dan akurat perlu menggunakan metode waterfall atau metode pengembangan perangkat lunak dengan melalui tahapan observasi, Analisis Kebutuhan atau Wawancara, Studi pustaka, Desain sistem, Implementasi dan sistem testing, dan Maintenance sistem. Manfaat yang di dapat dari pengabdian ini yaitu hasil analisa dapat digunakan untuk merancang sistem informasi pengelolaan bantuan sosial di Kampung Pulojahe, RT 006 RW 014 Jakarta Timur.

 

Kata kunci: bantuan sosial; pengelolaan bantuan; warga

 

ABSTRACT

In the current era of the Covid-19 pandemic, it has had a major impact in various countries, including Indonesia. Each country has its own policy in dealing with this outbreak, starting from being required to maintain distance, implementing health protocols, to distributing social assistance from the government with the aim of meeting all community needs, especially those directly affected by this pandemic. There are various kinds of social assistance, including Cash Social Assistance, Basic Food Assistance, Family Hope Program, and many more. Regarding the system for collecting data on people who receive social assistance, it is also very important so that the data on citizens who are selected to receive social assistance is more targeted and also more accurate. Therefore, it is necessary to develop an aid management system in order to assist RT management in distributing social assistance more accurately and efficiently. The purpose of this service is to increase accuracy in the distribution of assistance from the government to the entire community. In making an effective, efficient and accurate web-based assistance management information system, it is necessary to use the waterfall method or software development method by going through the stages of observation, needs analysis or interviews, literature study, system design, implementation and system testing, and system maintenance. The benefit from this service is that the results of the analysis can be used to design an information system for the management of social assistance in Pulojahe Village, RT 006 RW 014 East Jakarta.

 

Keywords: social assistance; assistance management; resident

Author Biographies

Nur Arif Khairudin, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Teknik Informatika

Veri Arinal, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Sistem Informasi

Frencis Matheos Sarimole, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Teknik Informatika

Yuma Akbar, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Teknik Informatika

Dava Septya Arroufu, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Sistem Informasi

Anita Rosiana, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Teknik Informatika

Rizky Adawiyah, STIKOM CIPTA KARYA INFORMATIKA

Teknik Informatika

References

Bani Muhamad, F. P., Bunga, M. S., Darsih, D., & Firmansyah, F. (2020). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pelayanan Publik Smart Rt/Rw Untuk Desa Terusan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 19(2), 283–293. https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.689

Faizal, Styaningsih, F. A., & Diponegoro, M. (2017). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode SMART untuk Merangking Kemiskinan dalam Proses Penentuan Penerima Bantuan PKH [1] Faizal, [2] Fatma Agus Setyaningsih, [3] Muhammad Diponegoro. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, 05(2), 13–24.

Hairil, I., & Widjaja, A. (2018). Rancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Bantuan Sosial Berbasis WEB Pada Yayasan Samudera Nurussholah. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, 1(3), 16–23.

Moch Fauzan Harinin, Dandi Saputra, & Andi Harmin. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Bansos di Kota Makassar Berbasis Web. Journal of Applied Computer Science and Technology, 1(2), 96–102. https://doi.org/10.52158/jacost.v1i2.85

Murti, A. C., & Pinem, A. P. R. (2020). Perancangan Sistem Pemetaan Bantuan Sosial Berbasis Web Responsive. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 49–54. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4932

Nurhayati, N., Mulyati, S., & Putra, D. P. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Kelayakan Bantuan Sosial Covid 19 Berbasis Web Di Desa Tapos. Jurnal Teknik, 10(1), 98–108. https://doi.org/10.31000/jt.v10i1.4121

Zuhdi, S., Ferizko, A., & Melinda, P. (2020). Penguatan Kelembagaan Rukun Tetangga Dan Rukun Warga (Rt/Rw) Di Kelurahan Rintis Kecamatan Lima Puluh Kota Pekan Baru. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 3(1), 49. https://doi.org/10.24198/jmpp.v3i1.23683

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles