PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK BISNIS DI ZAMAN SERBA DIGITAL DAN VISUAL KEPADA MAHASISWA KOTA PALEMBANG

Authors

  • Shafiera Lazuarni Universitas Indo Global Mandiri
  • RM. Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri
  • Try Wulandari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7909

Keywords:

business, MSMEs, graphic design.

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era zaman serba digital dan visual saat ini, pelaku usaha harus memahami dan memiliki keterampilan dalam hal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Agar kegiatan promosi melalui mediasosial menjadi lebih efektif dan efisien diperlukan tampilan produk secara visual (promosi, dan kemasan) yang menarik. Keterbatasan keterampilan menggunakan aplikasi desain grafis untuk bisnis menjadi salah satu alasan untuk pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan. Selain memberikan pemahaman mengenai pentingnya desain grafis untuk bisnis di zaman serba digital saat ini para peserta juga memperoleh peningkatan keterampilan dalam mendesain hal kemasan, materi media sosial dan logo untuk usaha. Hasil dari pengabdian ini didapatkan adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam hal mengoperasikan aplikasi desain seperti Canva untuk kebutuhan desain kemasan, logo, maupun tujuan promosi di media social. Pelatihan desain grafis untuk kebutuhan kewirausahaan seperti ini sangat penting dilakukan untuk mahasiswa, selain dapat meningkatkan kreatifitas dalam hal desain dan promosi usaha juga bisa menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa untuk menyediakan jasa desain kepada para pelaku bisnis. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, penulis menyarankan untuk pelaksanaan pelatihan dimasa yang akan datang dapat dilakukan dalam waktu yang lebih panjang dikarenakan pelaksanaan yang telah dilakukan selama 2 hari masing-masing 3 jam per hari dirasa belum cukup untuk membahas materi dan pelaksanaan praktek secara keseluruhan.

 

Kata kunci: bisnis; UMKM; desain grafis.

 

ABSTRACT

The development of information and communication technology in the current digital and visual era, entrepreneurs must understand and have skills in the use of information and communication technology. In order for promotional activities through social media to be more effective and efficient, an attractive visual product display (promotion and packaging) is required. The limited skills of using graphic design applications for business are one of the reasons for this community service to be carried out. In addition to providing an understanding of the importance of graphic design for businesses in today's digital era, the participants also gained increased skills in designing packaging, social media materials and logos for businesses. The results of this service showed an increase in students' knowledge and abilities in terms of operating design applications such as Canva for packaging design needs, logos, and promotional purposes on social media. Graphic design training for entrepreneurial needs like this is very important for students, besides being able to increase creativity in terms of design and business promotion, it can also be a business opportunity for students to provide design services to business people. Based on the evaluation carried out, the authors suggest that the implementation of future training can be carried out in a longer time because the implementation that has been carried out for 2 days each 3 hours per day is deemed not sufficient to discuss the material and overall practice implementation.

 

Keywords: business; MSMEs; graphic design.

Author Biographies

Shafiera Lazuarni, Universitas Indo Global Mandiri

Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

RM. Rum Hendarmin, Universitas Indo Global Mandiri

Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

Try Wulandari, Universitas Indo Global Mandiri

Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

References

Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis Untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan Sdm Di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 333–342. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1289Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis Untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan Sdm Di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 333–342. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1289

Danang Tejo Kumoro, Uswatun Hasanah, & Valian Yoga Pudya Ardhana. (2021). Danang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–16.

Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 271–279. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981

Ismail, I., Fauzan Putraga Al-Bahri, F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). IbM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.35870/jpni.v1i1.3

Lestari, I., Astuti, M., Ridwan, H., Ekonomi, F., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2019). 245-Article Text-456-1-10-20190301. 4(1), 111–118.

Oktora, J., Merinatul, Y., Amalia, V., Heriyanto, R., & Muttaqin, M. Z. (2020). Loyalitas Kreativitas Abdi Masyarakat Kreatif Loyalitas Kreativitas Abdi Masyarakat Kreatif. Jurnal LOKABMAS Kreatif, 01(03), 81–86.

Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998

Sianipar, B., Marpaung, P., & Sinaga, D. C. P. (2021). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Cv. Lautan Mas. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 755. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5375

Susita, D., Mardiyati, U., & Aminah, H. (2017). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Binaan Koperasi Di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Cipinang Besar Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 58–72. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.05

Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK. Community Development Journal, 1(2), 125–129.

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417

Yahya, F., Hermansyah, Syafruddin, Fitriyanto, S., & Musahrain. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Kelompok Pemuda Kreatif Desa Gontar Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(July), 1–23.

Downloads

Published

2022-03-20

Issue

Section

Articles