PELATIHAN EDITING VIDEO BERBASIS APLIKASI KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL GURU

Authors

  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta http://orcid.org/0000-0002-6917-0433
  • Prasetya Sigit Santosa Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Gino Erman Agusta
  • Cahya Purnomo Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Joko Subekti Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8282

Keywords:

kinemaster, digital competence, video

Abstract

ABSTRAK

Tujuan diselenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengadakan pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan editing video berbasis aplikasi KineMaster selama pandemi Covid-19 dalam rangka meningkatkan kompetensi digital guru. PKM ini dilaksanakan di  SMA IT Baitussalam, Prambanan, Yogyakarta dengan peserta sebanyak 16 orang. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah dengan metode Participatory Action Research (PAR). Metode PAR (Participatory Action Research) terdiri dari   tahapan   perencanaan   (plan),  tindakan  (action), pengamatan (observe) dan refleksi (reflection). Hasil dari kegiatan PKM ini adalah dalam teknik penggunaan/ pengeporasian aplikasi KineMaster sebanyak 62.5% guru menyatakan mudah diterapkan dalam pembelajaran dan sebanyak 81,25% guru  merasakan  kemanfaatan dan mengalami peningkatan kompetensi digital.

 

Kata kunci: kinemaster; kompetensi digital; video

 

ABSTRACT

The purpose of this Community Service activity is to hold training on making learning videos by editing videos based on the KineMaster application during the Covid-19 pandemic in order to improve teacher digital competence. This Community Service was held at SMA IT Baitussalam, Prambanan, Yogyakarta with 16 participants. The method of implementing this Community Service activity is the Participatory Action Research (PAR) method. The PAR (Participatory Action Research) method consists of the stages of planning, action, observation, and reflection. The results of this Community Service activity are in the use/corporation technique of the KineMaster application as many as 62.5% of teachers stated that it was easy to apply in learning and as many as 81.25% of teachers felt the benefits and experienced an increase in digital competence.

 

Keywords: kinemaster; digital competence; video

Author Biography

Gino Erman Agusta

SMA IT BAITUSSALAM

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep Dan Aplikasi Literasi Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Cv. Pilar Nusantara.

Angeli, C., & Valanides, N. (2009). Epistemological And Methodological Issues For The Conceptualization, Development, And Assessment Of Ict–Tpck: Advances In Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpck). Computers & Education, 52(1), 154–168.

Astriawati, N. (2020). Development Of Interactive Media Based On Videoscribe With Realistic Mathematics Education Approach To Navigation. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 321–333.

Astriawati, N., Agusta, G. E., & Pratama, H. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Media Ict. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 562–567.

Astriawati, N., Wibowo, W., & Widyanto, H. (2020). Designing Android-Based Augmented Reality Application On Three Dimension Space Geometry. Journal Of Physics: Conference Series. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1477/2/022006

Azmi, S., Sarjana, K., Junaidi, J., Tyaningsih, R. Y., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Matematika Smp Se-Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 220–229.

Baum, F., Macdougall, C., & Smith, D. (2006). Participatory Action Research. Journal Of Epidemiology And Community Health, 60(10), 854.

Blanchard, M. R., Leprevost, C. E., Tolin, A. D., & Gutierrez, K. S. (2016). Investigating Technology-Enhanced Teacher Professional Development In Rural, High-Poverty Middle Schools. Educational Researcher, 45(3), 207–220.

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (Semnas Pbsi)-3, 39–44.

Madura, D. F. T. I. (2020). Dilema Perguruan Tinggi Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Bunga Rampai, 65.

Silalahi, P. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Pengintegrasian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sd. Jtp-Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 1–14.

Simarmata, J., Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Widiyono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Lms Pada Mahasiswa Prodi Pgsd. Prosiding Seminar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, 3, 12–21.

Yeni, H., & Mudinillah, A. M. (2021). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Kinemater Dimasa Pademi Covid-19. Nizhamiyah, 11(2).

Downloads

Published

2022-06-05

Issue

Section

Articles