PELATIHAN LOGIKA DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN BAGI SISWA/I SMAN 3 MAKASSAR

Authors

  • Dikwan Moeis STMIK Profesional Makassar
  • Sry Yunarti STMIK Profesional Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8755

Keywords:

training, logic, algorithm, programming.

Abstract

ABSTRAK

Untuk membantu setiap orang dalam berpikir secara rasional, kritis, tepat dan koheren maka diperlukan logika dan algoritma. Logika dan algoritma merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan, logika adalah bentuk kecakapan menalar atau pemikiran, sedangkan algoritma adalah tahapan atau langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah. Dalam mempelajari dan memahami sebuah bahasa pemrograman dibutuhkan logika dan algoritma yang baik, pemahaman akan kedua hal tersebut dapat membantu seseorang membangun dan mengembangkan sebuah program komputer melalui penyelesaian permasalahan yang tepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan ditujukan untuk para siswa/i Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Makassar. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para siswa/i SMAN 3 Makassar mengenai logika dan algoritma serta contoh sederhana penerapannya dalam pemrograman. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan praktikum. Hasil dari pelatihan ini didapatkan bahwa para peserta pelatihan merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menambah pamahaman serta keterampilan mereka dalam hal algoritma pemrograman dan bentuk penerapannya.

 

Kata kunci: pelatihan; logika; algoritma; pemrograman.

 

ABSTRACT

To help everyone in thinking rationally, critically, precisely and coherently, logic and algorithms are needed. Logic and algorithms are an interrelated unit, logic is a form of reasoning or thinking skills, while algorithms are stages or steps in solving problems. In learning and understanding a programming language requires good logic and algorithms, understanding both can help a person build and develop a computer program through proper problem solving. This community service activity is carried out in the form of training and is intended for students of Makassar State High School 3. This training activity aims to provide insights to the students of SMAN 3 Makassar about logic and algorithms and simple examples of their application in programming. The methods used in this training are lectures, Q&A and practice/simulation. The results of this training found that the trainees felt this activity was very useful and could increase their understanding and skills in terms of programming algorithms and their form of application.

 

Keywords: training; logic; algorithm; programming.

References

B. Haruna, S., Arni, S., & Harmin, A. (2020). PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PkM) BAGI DOSEN STMIK PROFESIONAL (S. Arni & A. Harmin, Eds.). Pusat Penelitian Pengabdian (P3M) STMIK Profesional.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.

Feby Andrizal Putra. (2020, September 8). Mengapa Mata Pelajaran TIK Dihapus? Https://Sman2tembilahan.Sch.Id/Mengapa-Mata-Pelajaran-Tik-Dihapus/.

Maria Fatima Bona. (2018, September 3). Sempat Dihapus, TIK Kembali Diajarkan pada 2019. Https://Www.Beritasatu.Com/Nasional/508445/Sempat-Dihapus-Tik-Kembali-Diajarkan-Pada-2019.

Pattisahusiwa, D. (2016, February 27). KEPALA SMAN 3 MAKASSAR : MELOMPAT DULU BARU BERPIKIR. Http://Www.Inspirasimakassar.Com/Kepala-Sman-3-Makassar-Melompat-Dulu-Baru-Berpikir/.

Safitri, R., Jamal, A., Ripmiatin, E., Hermawan, D., & Supriyanto, A. (2019). PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMROGRAMAN DASAR BLOCKLY KEPADA SISWA SMA AL AZHAR 1, 2 DAN 3. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.36722/jpm.v1i1.331

Sobri, M., Emigawaty, & Rosa Damayanti, N. (2017). Pengantar Teknologi Informasi - Konsep dan Teori (P. Christian, Ed.). Penerbit Andi.

Umbara, C. (2008). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & PPRI Tahun 2015. Citra Umbara.

Downloads

Published

2022-06-19

Issue

Section

Articles