EVALUASI RPP MERDEKA BELAJAR PADA MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS MENGGUNAKAN KONTEKS KAIN JUMPUTAN KHAS PALEMBANG

Authors

  • Delia Septimiranti Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Chika Rahayu Fachrozi Universitas Sriwijaya
  • Elika Elika Universitas Sriwijaya
  • Lisnaini Lisnaini Universitas Sriwijaya
  • Tria Agustiningsih Universitas Sriwijaya
  • Dewi Rawani Universitas Sriwijaya
  • Rini Rini Universitas Sriwijaya
  • Rita Inderawati Universitas Sriwijaya
  • Malalina Malalina Universitas Sriwijaya
  • Duano Sapta Nusantara Universitas Sriwijaya
  • Arika Sari Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.8810

Keywords:

RPP, devotion, basic competencies

Abstract

ABSTRAK

RPP adalah rancangan pembelajaran yang pengembangannya memicu sebuah Kompetensi Dasar (KD) terentu didalam sebuah kurikulum atau silabus. RPP dirancang mengikuti sebuah pedoman guru dalam mengajar sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung menjadi lebih  terarah, sesuai dengan KD yang telah ada. Jenis pengabdian ini adalah deskriftif kualitatif. Para guru masih mengalami kesulitan Ketika dihadapkan dalam pembuatan Rancangan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan dari pengabdian ini menghasilkan RPP Merdeka Belajar yang akan meningkatkan kemampuan para guru dalam merancang RPP berbasis Merdeka belajar. Kegiatan ini dilakukan kepada seluruh guru Matematika Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pagaralam, Sumatra Selatan. Metode pengabdian berupa sosialisasi melalui zoom meeting. Pada pengabdian ini menghasilkan RPP Merdeka Belajar dari para guru serta respon guru dalam membuat RPP Merdeka Belajar. Serta guru memahami konteks yang digunakan dalam membuat RPP yang akan dikaitkan dengan mata pelajaran yang diajarkan.

 

Kata kunci: RPP; pengabdian; kompetensi dasar (KD)

 

ABSTRACT

RPP is a learning design whose development triggers a certain Basic Competence (KD) in a curriculum or syllabus. RPP is designed to follow a teacher's guideline in teaching so that learning activities take place more directed, in accordance with the existing KD. This type of devotion is qualitative descriptive. The formulation of the problem in this service is to produce a lesson plan lesson plan to train teachers to make an independent learning lesson plan. The purpose of this service is to produce RPP Merdeka Learning. This activity was carried out for all high school mathematics teachers in Pagaralam, South Sumatra. The method of service is in the form of socialization through zoom meetings. In this service, it produces RPP Merdeka Learning from the teachers as well as the teacher's response in making RPP Merdeka Learn. As well as the teacher understands the context used in making lesson plans that will be linked to the subjects being taught.

 

Keywords: RPP; devotion; basic competencies

Author Biographies

Ratu Ilma Indra Putri, Universitas Sriwijaya

Malalina Malalina, Universitas Sriwijaya


References

Ahmadi, Rulam. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin, Sani. (2014). Perencanaan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013, Surabaya: Kata Pena.

Rusly, Siagian. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Merdeka Belajar melalui Pembinaan Daring di Masa Pandemi Covid-19

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles