Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Al-Raisiyah Sekarbela

Authors

  • Dian Purwitarini MTs Al-Raisiyah Sekarbela Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3603

Keywords:

Problem Posing, Prestasi Belajar

Abstract

Abstract:  This study aims to find out the influence of Problem Posing learning model on math learning achievement in class VII MTS Al-Raisiyah comparison material. The type of research used was "quasi-expriment" involving 45 students consisting of two classes taken from three classes with purposive sampling techniques.  The instruments used are study results test and observation sheet. Data analysis using t-test with 5% signification level. The results showed that in the expriment class test obtained the highest score of 92 and the lowest 45 averaged 76.7 while in the control class obtained the highest score of 90 and the lowest 36 averaged 70.5. The calculation result obtained t = -1,261 > 1,714 = t-tabel resulted in Ha being accepted means there is an influence of problem posing learning models on learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran Problem Posing terhadap prestasi belajar matematika pada materi perbandingan kelas VII MTS Al- Raisiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah “quasi eksprimen† yang melibatkan 45 siswa yang terdiri dari dua kelas yang diambil dari tiga kelas dengan teknik purposive sampling.  Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t-tes dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes kelas eksprimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 92 dan terendah 45 rata-rata 76,7 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi 90 dan terendah 36 rata-rata 70,5. Hasil perhitungan diperoleh t = -1,261 > 1,714 =  berakibat  diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar.

References

Aghni, rizqi alyasa. 2018. “Menurut Wina Sanjaya.†fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akutansi.

Akbar, Romi, Isnani Isnani, and Ponoharjo Ponoharjo. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika.†Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) 1(1): 28–33.

Arikunto. 2010. “Suharsimi Arikunto.Pdf.†In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi Ke X,.

Arta Diantoro, Syaiful Barsa, Mahsup Mahsup, and Dewi Pramita. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP.†Paedagoria | FKIP UMMat 10(1): 01.

Arum, Wahyuni Fajar. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Dan Problem Posing Pada Materi Fluida.†Jurnal Teknika STTKD 4(2): 40–50.

Depdiknas. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Wajib Belajar.†Citra Umbara: 1–33.

Endah Tri Winihati, Irene, Budi Usodo, Program Magister Pendidikan Matematika, and PPs Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2014. “Pengaruh Model Problem Posing Setting Kooperatif Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Di Kabupaten Merauke Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.†Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(4): 2339–1685.

Hodiyanto, Hodiyanto, and Rahman Haryadi. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa.†JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4(2): 132.

Kabunggul, Yosua et al. 2020. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media ….†Jurnal Pendidikan Karakter 3(2): 3–6.

Mahsup, and Abdillah Abdillah. 2019. “Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Determinan.†Jurnal Ulul Albab 23(1): 33.

Mahsup, and Y. S. Anwar. 2020. “Development of Structured Modules to Improve the Mathematical Understanding of the Circle Concept in Class VIII Mataram 17 Junior High School.†In Journal of Physics: Conference Series,.

Mahsup, Mahsup. 2018. “Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear.†Jurnal Ulul Albab.

———. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.

Murtiah, B. 2018. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar Binatang Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsi Secara ….†JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebedayaan Peraturan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013.

Puspita, M, S Slameto, and ... 2018. “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.†Justek| Jurnal Sains & ….

Sugita, N., A. Ashadi, and M. Masykuri. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/216.†Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret 5(2): 59–67.

Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.†Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. “Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.†Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.

Syamsi, Nur. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Strategi Search, Solve, Create, Share Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Penelitian Pendidikan 1(1): 1–7.

Published

2019-05-22

Issue

Section

Articles