PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN GAMBAR PADA SISWA KELAS 4 SDN BRINGIN 01

Authors

  • Shofi Wedhi Prayuda Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Wasitohadi Wasitohadi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Theresia Sri Rahayu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.399

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), IPA

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal atau pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketercapaian ketuntasan hasil belajar pada pra siklus  yaitu 43 % siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 48,6, kemudian pada siklus I meningkat mencapai 70% siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 65, kemudian pada siklus II meningkat mencapai 96% siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 77,61. Kesimpulan penelitian ini mununjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA.

 

Abstract:  This type of research is a classroom action research (PTK) conducted in two cycles. The purpose of this study is to improve student learning outcomes on Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) subject by applying the model of Problem Based Learning (PBL). Based on the results of research and discussion can be concluded that applying application of learning model Problem Based Learning (PBL) can improve student learning outcomes. Student learning outcomes have improved from initial or pre cycle to cycle I and cycle II. This can be proved by the completeness of the learning achievement in the pre cycles of 43% of students get the complete value with the average class 48.6, then in the first cycle increased to 70% of students get the complete value with the average class 65, then in the second cycle increased to 96% of students get the complete value with the average class of 77,61. The conclusion of this research shows that the use of Problem Based Learning (PBL) model can improve student learning outcomes on IPA content.

References

Arends, R. 2008. Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsinmi, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewantara, D. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA ( Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma, Vol. 11, No. 2, h. 41-44, Juli 2016.

Kusumawat, W. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pancaran, Vol. 4, No. 4, h. 1-12, Nopember 2015.

Permendikbud. 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Prasetya, A. I., & Kholidya, C. F. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Jabaran Sidoarjo Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Bumi dan Alam Semsta. E-Journal UNESA, Vol. 1, No. 3, 1.

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.

Syamsu, F. D. (2017: 26). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Kontekstual Dilengkapi dengan Mind Map pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa SMA. Bionatural, Vol. 4, No. 1, 26.

Surya, Y.F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, h. 38-53, Mei 2017.

Widiarto, Tri, dan Sunardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Ilmu Pengetahuan Sosial. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Wisudawati, A. D. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winata, A. 2017. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Bunyi Kelas IV Semester II di SDN I Sedayulawas Brondong Lamongan Tahun Pelajaran 2015/2016. JTIEE, Vol. 1, No. 1, h. 21-36, Mei 2017.

Widhiatma, Y., & Wasitohadi. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN Kalinanas 01. E-jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 1, No. 4, h. 447-459, Juni 2017.

Downloads

Published

2018-04-17

Issue

Section

Articles