NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMAKNAI KHALIFAH STUDY TERJEMAHAN TAFSIR AL-MISBAH MELALUI KAJIAN HERMENEUTIKA

Authors

  • Mappanyompa Mappanyompa Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i2.1043

Keywords:

Khalifah, Terjemahan, Al-Misbah, Hermeneutika

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini, yakni untuk memberi gambaran yang utuh tentang nilai pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, dan metode pendidikan Islam dalam terjemahan Tafsir Al-Misbah. Jenis penelitian ini kepustakaan (library Research), dan hasil penelitian: Munculnya kesadaran kepada setiap individu agar menjalankan fungsinya di muka bumi, Konsep pendidikan yang berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadits sebagaimana fungsi al-Qur’an, Cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, dengan menjadikan Rasulullah saw sebagai idola dalam kehidupan sehari-hari.

 

Abstract: The purpose of this research is to give a whole explanation of Islamic education, Islamic educational material, and Islamic education method in the translation of Tafsir Al-Misbah. This type of research library, and research results: the emergence of consciousness to each individual in order to carry out its functions on the Earth, the concept of education based on the Qur'an and Hadith as the function of the Qur'an, how to That is used to achieve a goal, by making Rasulullah saw as an idol in everyday life.

References

Abdillah, M. (2014). Epistemologi Fikih Siyâsah. AHKAM:Jurnal Ilmu Syariah, 12(1). https://doi.org/10.15408/ajis.v12i1.977

Ali, M. (2017). The Discourse of Transformative-Critical Pedagogy among Modernist Muslims Mohamad Ali. Iseedu, 1(1), 1–22.

Anton Afrizal, C. (2017). Pemikiran Siyasah Syar’iyah Ibnu Taimiyah (Kajian Terhadap Konsep Imamah Dan Khilafah Dalam Sistem Pemerintahan Islam). UIR Law Review, 1(02), 161–172. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/uirlrev.2017.1.02.956

Huwaida, A. dan. (2015). Anak-anak Muslim dan Dampak Era Globalisasi Bagi Pendidikan Islam Mereka. Gender Equality: International Journal Of Child and Gender Studies., 1(2), 1–11.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 17(2), 46–53.

Mews, C. J., Abraham, I., Mews, C. J., Khilafah, A. D. A.-, Gilbar, G. G., Beck, T., … Merrouche, O. (2013). Funds in The Khilafah State The Funds in the Khilafah State. British Journal of Middle Eastern Studies, 39(2), 433–447. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2012.09.016

Mutholingah, S. (2018). Managing Learning For Quality Improvement Of Islamic Education. Journal Evaluasi, 2(2), 429.

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.169

Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681

Nizar, S. (2016). Pendidikan Islam Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Akademika, Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan, 11(6), 7–25.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163.

Tabroni. (2013). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Pendidikan, (5), 54–67.

Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 7(1), 1–34.

Downloads

Published

2019-09-13

Issue

Section

Articles