ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA AUTIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPERASI HITUNG DASAR ARITMATIKA

Authors

  • Inosensia Geo Universitas Dr Soetomo
  • Ahmad Hatip Universitas Dr Soetomo
  • Windi Setiawan Universitas Dr Soetomo
  • Soesiana Tri Eka Silver Universitas Dr Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10491

Abstract

Abstrak: Siswa autis yang mengalami gangguan perkembangan pada interaksi sosial,perilaku dan bahasa. Dengan gangguan tersebut dapat mempengaruhi pula pada proses belajar siswa termasuk dalam kemampuan komunikasi matematisnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kemampuan komunikasi matematis siswa autis dalam pemecahan masalah matematika operasi hitung dasar aritmatika yaitu siswa kelas IV di SDLB Harapan Bunda Surabaya.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa autis kelas IV di SDLB Harapan Bunda Surabaya. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Penyajian hasil penelitian berupa deskripsi tentang hasil analisis data baik data observasi,tes dan wawancara. Penyajian hasil penelitian juga dalam bentuk dokumentasi dan lampiran. Hasil penelitian membuktikan bahwa siswa autis juga memiliki kemampuan dalam komunikasi matematis,tetapi setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung dari jenis autisnya..

Abstract:  : The background of this research is autistic students who have developmental disorders in social interaction, behavior and language. With this disorder, it can also affect the student's learning process, including their mathematical communication skills. This study aims to determine the mathematical communication skills of autistic students in solving mathematical problems of basic arithmetic operations, namely fourth grade students at SDLB Harapan Bunda Surabaya. The type of this research is qualitative research. The subjects of this research are 2 autistic students in fourth grade at SDLB Harapan Bunda Surabaya. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis. The presentation of research results is in the form of a description of the results of data analysis, both observational data, tests and interviews. The presentation of research results is also in the form of documentation and attachments. The results of the study prove that autistic students also have the ability in mathematical communication, but each student has different abilities, there are students who can be independent and there are also students who still need help

References

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.

Astuti, A., & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8

Dewi, N. R., Eliyati, E., Zayanti, D. A., Kresnawati, E. S., & Resti, Y. (2022). Pelatihan Sempoa Sebagai Metode Belajar Aritmatika Bagi Guru SD Dan Madrasah Ibtidaiyah Di Inderalaya. Pelita Sriwijaya, 1(1), 13–19.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Eningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.59

Hardian, R. (2019). Pengembangan Mobile Edugame Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Aritmatika Dasar Siswa Sd Kelas 4 Dan 5. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 98–108. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i2.311

Hendriana, & Semarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Autis Di Slb Taman Pendidikan Islam (Tpi). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 2(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030

Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics, dalam Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmillan.

Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208–216. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.7127

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(2), 74–84.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( Nht ) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2(2), 1.

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/511

Yenni, E., & Anisa, R. S. (2021). Pola Komunikasi Antara Guru dengan Anak Autis dalam Proses Belajar Mengajar di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora), 1(November), 1–10. Retrieved from http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/somasi/article/view/428

Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575

Downloads

Published

2022-09-04

Issue

Section

Articles