PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS (SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 2 SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB)

Authors

  • Muh. Zainur Rahman Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurin Rochayati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i1.105

Keywords:

Komunikasi Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra Barat

Abstract

 

Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Belajar  Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS (Kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra Barat Lombok Timur NTB) Fokus penelitian ini (1). Apakah pengaruh komunikasi orang tua dengan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS, (2). Apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS, ( 3). Apakah ada pengaruh komunikasi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi orang tua terhadap prestasi belajar IPS,(2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaranIPS, (3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar  mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian : Komunikasi Orang  Tua dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Sakra Barat Lombok Timur NTB di tunjukkan  oleh hasil uji F pada tingkat kesalahan 5%, diperoleh nilai Fhitungsebesar 133,167 dengan probabilitas kesalahan sebesar 0,00%. Besarnya pengaruh dilihat dari nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,878, yang memberikan arti bahwa Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa dapat menjelaskan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Sakra Barat Lombok Timur NTB sebesar 87,80%, sedangkan sisanya sebesar12,20% dijelaskan oleh variabel lain

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Articles