HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DENGAN KESEHATAN ORGANISASI SEKOLAH DASAR NEGERI DI PANCORAN JAKARTA SELATAN

Authors

  • Nelly Budiyarti Universitas Pamulang
  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Mataram

Keywords:

Kesehatan Organisasi Kepemimpinan Produktivitas Kerja

Abstract

Abstrak: Kepemimpinan kepala sekolah dan produktivitas kerja guru memungkinkan kesehatan organisasi mengalami peningkatan. Sehingga diharapkan adanya perbaikan dan peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan produkvitas kerja guru sehingga peningkatan kesehatan organisasi sekolah tidak hanya menjadi wacana. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan produktivitas kerja guru berhubungan dengan kesehatan suatu organiasi sekolah. Data diambil dari guru-guru yang berada di Sekolah Dasar Negeri di Pancoran Jakarta Selatan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik untuk menguji hipotesis dengan analisis korelasi sederhana dan ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah berhubungan langsung positif dengan kesehatan organisasi, produktivitas kerja guru berhubungan tidak langsung positif dengan kesehatan organisasi, dan kepemimpinan kepala sekolah dan produktivitas kerja guru secara bersama-sama berhubungan langsung positif dengan kesehatan organisasi sekolah.

Abstract: Principal leadership and teacher work productivity enable to improve organizational health. So that it is expected that there will be improvement and improvement in the quality of school principals' leadership and teacher work productivity so that improving the health of school organizations is not only a discourse. This study aims to provide evidence that principals' leadership and teacher work productivity are related to the health of a school organization. Data was taken from teachers who were in Public Elementary Schools in Pancoran South Jakarta using questionnaires and data were analyzed using statistical analysis to test hypotheses with simple and multiple correlation analysis and partial correlation. The results of this study are that principals' leadership is directly positively related to organizational health, teacher work productivity is positively related indirectly with organizational health, and the leadership of principals and teacher work productivity together are directly related positively to the health of school organizations.

References

Anna, K., & Efendi Ferry. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan. In Manajemen Sumber Daya Manusia.

Kurniawati, Y. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kesehatan Organisasi Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. UHAMKA Press.

Nurmadiah, N. (2017). Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah (Kajian Konsep Dan Teoritis). Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.134

Nurussalami, N. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN Tungkop. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.306

Organisasi, I., Guru, D. K., & Fauzi, Z. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan. Pascasarjana IAIN Palangka Raya JURNAL TRANSFORMATIF (Islamic Studies), 1(1), 2580–7056.

P. Siagian, S. (2012). Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pramudyo, A. (2013). Implementasi Manajemen Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, I(2), 49–61.

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara, 1(1), 210–224.

Rabindarang, S., & Khuan Wai Bing. (2012). Hubungan Kepemimpinan Distributif Terhadap Komitmen : Organisasi dan Tekanan Kerja dalam Pendidikan Teknik dan Vokasional. National Research & Innovation Conference for Graduate Students in Social Sciences (GS-NRIC 2012), (December 07-09), 489–498.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidiikan (JDMP).

Sodiah, S., & Nurhikmah, E. (2017). Etika Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 163. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294

Sucianty, S. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Komitmen Kerja Pegawai dengan Kesehatan Organisasi Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan. UHAMKA Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2016. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010

Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. In Buku seru (p. 93).

Zinal, V. R., & Mulyadi. (2014). Kepemimpinan dan Prilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2019-09-14

Issue

Section

Articles