PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PERANANNYA MEMBANGUN KESADARAN HAK DAN KEWAJIBAN BERNEGARA BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS MADURA

Authors

  • Syaiful Anam universitas madura
  • Mohammad Rudiyanto universitas madura
  • Anisa Fajriana Oktasari universitas madura
  • Imadoeddin Imadoeddin universitas madura

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.12939

Keywords:

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Kesadaran Bernegara

Abstract

Abstrak: Fenomena zaman modern di saat ini yang sering kita jumpai anak-anak yang  kurang hormat terhadap orangtuanya, sikap anti sosial yang dapat terlihat dari kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di masyarakat. Dalam pandangan bernegara, sebuah bangsa harus mengenal jati dirinya agar menjadi bangsa yang unggul. Sehingga perlu adanya perangkat nilai dan aturan yang kuat agar tidak terjadi krisis budaya dan disintegrasi bangsa di Indonesia. pendidikan di Indonesia harus menanamkan jiwa dan kepribadian bangsa yang bersumber dari akar budaya negara dan jelas berlandaskan Pancasila sebagai cita-cita bangsa, falsafah dan nilai-nilai luhur bangsa. Melalui kesadaran sosial diharapkan dapat menjadi solusi dalam membina warga yang memiliki kepedulian sosial. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran secara factual dan actual dari nilai-nilai wawasan kewarganegaraan atau kebangsaan yang berlandaskan Pancasila bagi mahasiswa dalam meningkatkan nasionalisme. Juga secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengeksplorasi, dan memperoleh gambaran tentang perilaku dan kepribadian mahasiswa dalam internalisasi nilai-nilai wawasan Pancasila dalam lngkungan kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian atau metode survei. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai pelaksanaan Pendidikan Kewarganegaraan memperoleh pengetahuan dalam membentuk kesadaran bernegara dapat disimpulkan bahwa: sejalan dengan materi  Kewarganegaraan sesuai dengan harapan dari pembelajaran tersebut maka pembelajaran Kewarganegaraan  dapat membentuk penilaian benar dan salah pada Mahasiswa Kewarganegaraan dengan  mengamati. Secara spesifik dapat disimpulkan bahwa peran pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa: 1. Mahasiswa telah mampu memahami dan berpartisipasi dalam organisasi sosial, dan lingkungan. 2. Mahasiswa mampu memahami serta melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara sesuai dengan peraturan dan norna nilai. 3. Mahasiswa mampu berpikir, bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sehingga timbul rasa nasionalisme.

Abstract: The phenomenon of modern times today is that we often encounter children who lack respect for their parents, anti-social attitudes that can be seen from everyday life both at school and in society. In the view of the state, a nation must know its identity in order to become a superior nation. So it is necessary to have a strong set of values and rules so that there is no cultural crisis and national disintegration in Indonesia. Education in Indonesia must instill the spirit and personality of the nation which originates from the country's cultural roots and is clearly based on Pancasila as the nation's ideals, philosophy and noble values. Through social awareness it is hoped that it can be a solution in fostering citizens who have social concerns. The purpose of this research is to find out and obtain a factual and actual discribe of the values of citizenship or nationalism based on Pancasila for students in increasing nationalism. Also specifically this research aims to identify, examine, explore, and obtain an overview of the behavior and personality of students in internalizing the values of Pancasila insight in the environment of social life, nation and state. This research uses descriptive research techniques in the form of research or survey methods. Based on the results of studies that have been conducted by researchers regarding the implementation of Citizenship Education to gain knowledge in forming awareness of the state, it can be concluded that: in line with Citizenship material in accordance with the expectations of the learning, Citizenship learning can form right and wrong judgments on Citizenship Students by observing. Specifically, it can be concluded that the role of citizenship education in students: 1. Students have been able to understand and participate in social and environmental organizations. 2. Students are able to understand and carry out their rights and obligations as citizens in accordance with the rules and norms of values. 3. Students are able to think, behave and do the best for the nation and state so that a sense of nationalism.

References

Abdul Waidl, D. (2002). Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. http://www.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Hasil-Tes-Online-2015.pdf

Badan Pengkajian MPR Ri. (2019). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Generasi Milenial Pada Satuan Pendidikan Formal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://docplayer.info/133827511-Jurnal-majelis-media-aspirasi-konstitusi-percepatan-pembangunan-bidang-agama.html

Fadilah, N. (2019). Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 2(02), 66–78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546

Kemendikbud Ristek Tahun. (2019). Rencana Strategis (Renstra) Pusat Penguatan Karakter Tahun 2020-2024.

Muh. Awal Aswat. (2018). Implementasi Nilai – Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Berdikari, 4(1), 88–100.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. https://www.amazon.co.uk/Social-Research-Methods-Quantitative/dp/0205786839/ref=sr_1_5?s=books&ie=UTF8&qid=1461496914&sr=1-5&keywords=social+research+methods+qualitative+and+quantitative+approaches

Normah, N., Rukmana, I. S., & Kemala, P. D. (2020). Penguatan nilai-nilai Pancasila di era disrupsi pada lingkungan sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.29030

Predy, M., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 dan Revolusi Industri 4 . 0 ) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019, 1–9.

Punch, T. O. and K. (2003). Qualitative Educational Research In Action. In RoutledgeFalmer (Vol. 112, Issue 4).

Riyanto, J., & Baliyanto, L. (2017). Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila kepada Generasi Muda sebagai Jati Diri Bangsa yang Sejati. Wira: Media Informasi Kementerian Pertahanan, 68, 6–11.

Rukmana, I. S., Samsuri, S., & Wahidin, D. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Contoh Nyata Ketahanan Ideologi (Studi di Kampung Pancasila, Dusun Nogosari, Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 182. https://doi.org/10.22146/jkn.53815

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432

Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa. SAJIEM (Southeast Asian Journal of Islamic Education), 1(1), 74–81.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). PENDIDIKAN PANCASILA. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Suryaningsih, A. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2019 “Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi, Persekolahan, dan Kemasyarakatan Di Era Disrupsi†Laboratorium PPKn FKIP UNS, 6 Juli 2019. “Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi, Persekolahan, Dan Kemasyarakatan Di Era Disrupsi,†36.

Downloads

Published

2023-04-01

Issue

Section

Articles