PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI SAINS MENGGUNAKAN QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP

Authors

  • Siti I'anatul I'anatul Azizah Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Aris Singgih Budiarso Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.13971

Keywords:

Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains, Quizizz, Kemampuan HOTS

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan kepraktisan dari pengembangkan intrumen penilaian berbasis literasi sains berbantuan quizizz untuk mengukur HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada pembelajaran IPA siswa SMP/MTs. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yakni analisis, desain, devolep, iimplementasi, serta evaluaste. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 14 Jember sebanyak 116 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal, kepraktisan, analisis respon siswa dan analisis kemampuan HOTS siswa. Analisis validitas teoritis dilaksanakan oleh ahli pembelajaran IPA dengan menggunakan lembar validasi. Validitas empiris dihitung menggunakan metode Korelasi Produk Momen Pearson pada software SPSS 20. Instrumen penilaian berisikan 20 butir soal. Hasil validitas teoritis memperoleh nilai 88,25% dengan kriteria sangat valid. Hasil validitas empiris memperoleh 20 butir soal berkriteria valid. Hasil reliabilitas soal sebesar 0,636 dengan kategori reliable. Proprosi taraf kesukaran soal menunjukkan 18 item soal kategori sedang dan 2 item soal kategori sulit/sukar. Hasil nilai kepraktisan yaitu sebesar 90,0% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas produk ini kategori efektif dimana bisa kita lihat dari analisis respon peserta siswa sebanyak 79,02 yang berarti peserta didik memberikan respon positif dalam penggunaan quizizz saat penerapan instrumen penilaian berbasis literasi sains. Hasil penelitian ini memperlihatkan peserta didik mempunyai rerata kemampuan HOTS pada kategori cukup baik.

Abstract: This study aims to determine the validity, effectiveness and practicality of developing a quizizz-assisted scientific literacy-based assessment instrument to measure HOTS (Higher Order Thinking Skills) in science learning for SMP/MTs students. This type of research is development research with the ADDIE model which has five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this study were 116 students in class VIII SMPN 14 Jember. Data collection techniques carried out by researchers were validity, reliability, level of difficulty of the questions, practicality, analysis of student responses and analysis of students' HOTS abilities. Theoretical validity analysis was carried out by science learning experts using validation sheets. Empirical validity was calculated using the Pearson Moment Product Correlation method in SPSS 20 software. The assessment instrument contained 20 items. The results of theoretical validity obtained a value of 88.25% with very valid criteria. The results of empirical validity obtained 20 items with valid criteria. The results of the reliability of the questions were 0.636 with the reliable category. The proportion of item difficulty level shows 18 items in the moderate category and 2 items in the difficult/difficult category. The practicality value is 90.0% with very practical criteria. The effectiveness of this product is in the effective category, which we can see from the analysis of the responses of 79.02 student participants, which means that students gave a positive response in using quizizz when applying scientific literacy-based assessment instruments. The results of this study show that students have an average HOTS ability in the pretty good category.

References

Aisyah, Panjaitan, R. G. P., & Marlina. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(3):1-12

Alti, R. P., Lufri, Helendra, H., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Instrumen asesmen berbasis literasi sains tentang materi keaneragaman hayati kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies. 4(1): 53-58.

Ambiyar. (2012). Pengukuran dan Tes dalam Pendidikan. Padang: UNP Press.

Apsari, N. (2021). Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi Sains berbasis Indigenous Knowledge pada Materi Asam Basa. Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QUANTUM). 1(2): 60-66.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara

Arum, N. E., Sjaifuddin, & A. N. Taufik. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA daring Tema Hipertensi untuk SMP kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 7(2):270-279.

Aryani, A. K., Suwono, H., & Parno. (2016). Profil kemampuan literasi sains siswa SMPN 3 Batu. In Prosiding Seminar nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM.

Astuti, O. W., Zulyusri, & Putri, D. H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII Semester II. (Develompent of the Scientific Literacy Assessment Based on Science Subjects Class VIII Semester II). Journal Biosains. 1(2): 227-234.

Azizah, Z. N., & W. Budijastuti. 2022. Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Literasi Sains pada Submateri Sistem Peredaran Darah Manusia. Bioedu. 11(1):88-97.

Budiarso, A. S., Sutarto, I . K. Mahardika, P. D. A. Putra, D. N. I. Sari, dan Finda N. L. 2022. The Validity and Practicality of the Contextual Analysis of Science and Laboratory Problems (CANLABS) Learning Model in Science Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 8(1):94-102.

Ernawati, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Approach untuk Mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(2):209-220.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. 562-569

Hamidah, M. H., & S., S. Wulandari. (2021). Pengembangan Instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi quizizz. Efesiensi: Kajian Ilmu Administrasi. 18(1): 105-124.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For Internasional Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age. 4(01): 30-41.

Khayati, D. N., & Raharjo. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skills Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Bioedu. 9(3):633-622.

Lina, Y. R., Helendra, & Fitri A. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Sistem Percernaan Makanan, Zat Aditif, dan Zat Adiktif untuk SMP. Bioeducation Journal. 2(1): 145-155.

Martinah, A. A., Velly M., Mieke M., & Rizhal H. R. 2021. Pengembangan Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Linkungan. Bioduana: Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2):192-218.

Mudhar. (2017). Validitas dan Reliabilitas. Surabaya: Adi Buana University Press.

Nasution, H. R., Hapidin, & L. Fridani. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2): 733-746.

Novili, W. I., Setiya U., Duden Saepuzaman., & Saeful K. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 8(1):57-63.

OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. Paris: OECD Peblishing.

Perdana, R., & M. Suswandari. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah dasar. Mathematics Education Journal. 3(1):9-15.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM. 10(2):40-49.

Puspita, I. A., S. Wahyuni, dan Yushardi. 2017. Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Fisika Berbasis CTL (Contektual Teaching Learning) untuk Meningkatkan Collaborative Siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(4). 376-382.

Salsabila, U. H., I. S. Habiba, I. L. Amanah, N. A. Istiqomah, & S. Difany. (2020). Pemanfatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran di tengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. 4(2): 163-172.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sari, Dian N. I., A. R. Budiarso, dan S. Wahyuni. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu. 6(3):3699-3712

Sari, Dian R. U., S. Wahyuni, dan R. W. Bachtiar. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Multiple Choice High Order Thinking pada Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1):100-107.

Sari, D. S., Yeni W., & Indri Nurwahidah. (2019). Pengembangan Intrumen Integrated Science Test untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship.

Septiani, D. Widiyawati, Y. Nurwahidah, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains PISA Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Kelas VII. Science Education and Application Journal (SEAJ) Pendidikan IPA Universitas Islam Lamongan. 1(2):46-55.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Sutrisna, Nana. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(2):2683-2694.

Ulfah, M., T. Djudin., & E. Oktavianty. (2020). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik pada Materi Hukum Newton di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 9(1):1-13.

Uno, H. B., & S. Koni. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Waminton, R.( 2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi

Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari D. S. (2019). Pengembangan Instrumen Integrated Science Test Tipe Pilihan ganda Beralasan untuk Mengukur HOTS Peserta didik. Jurnal Saintifika. 21(2):1-14

Downloads

Published

2023-04-02

Issue

Section

Articles