ANDRAGOGY-BASED APPROACH LEARNING IMPLEMENTATION IN OPEN HIGH SCHOOL

Authors

  • Ecep Cacam IKIP SILIWANGI
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi
  • Ansori Ansori IKIP Siiwangi
  • Gumpanat Boriboon Srinakharinwirot University
  • Shomedran Shomedran IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.16650

Keywords:

Andragogy, Open School, Adult Learning

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran berbasis andragogi di SMA Terbuka di Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran andragogi di SMA Terbuka memerlukan perencanaan yang matang, persiapan mental siswa, penguatan dan motivasi, serta proses pengkondisian. Namun, kesulitan seperti instruksi yang berpusat pada guru dan partisipasi siswa yang minimal tetap ada. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya strategi pengajaran yang efektif, evaluasi berkelanjutan, dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan solusi potensial untuk menerapkan andragogi dalam pengaturan pendidikan non-tradisional, sehingga memberikan praktisi pendidikan dan pembuat kebijakan wawasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga serupa.

Abstract:  The purpose of the study was to examine the implementation of andragogy-based learning approaches in Open High School in Bandung Regency. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection used includes interviews, observations, and documentation studies. The data analysis used is a triangulation technique. The findings indicate that the implementation of andragogy learning in the Open High School requires meticulous planning, mental preparation of students, reinforcement and motivation, and a conditioning process. However, difficulties such as teacher-centered instruction and minimal student participation persist. Additionally, the study emphasizes the significance of effective teaching strategies, ongoing evaluation, and efforts to enhance learning outcomes. These findings contribute to a better comprehension of the challenges and potential solutions to implementing andragogy in non-traditional educational settings, thereby providing educational practitioners and policymakers with insights to improve the quality of education in similar institutions.

References

Biney, I. K. (2019). Experiences of adult learners using Sakai Learning Management System in learning in Ghana. Journal of Adult and Continuing Education. https://doi.org/10.1177/1477971419864372

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2021). PENGGUNAAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN NONFORMAL. Maha Widya Bhuwana, 4(2).

Hasan, E. S., & Nurhayati, S. (2012). Pendidikan Luar Sekolah Dan Pembangunan Manusia Indonesia. Empowerment, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i1p%25p.361

Kosmara, U., Nurhayati, S., Sulaimawan, D., & Kartika, P. (2021). Development of Street Children Based on the Art of Angklung Music To Shape the Confidence. Journal of Educational Experts, 4(2), 62–69.

Lestari, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Andragogi Pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Palembang. Edunesia, 2(1), 171–177.

Meliana, A. T. (2020). Implementasi Prinsip - Prinsip Andragogi Dalam Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Karya Manunggal Yogyakarta Implementation Of Andragogy Principles In The Learning Process Of The Package C Equality Program In PKBM Karya Manunggal Yogya. Journal of Society and Continuing Education, 1(1), 8–21.

Metboki, Y., Petrecia, J., & Ledo, H. (2020). Community-development programs and the implications for women migrant workers ’ pre-departure preparation in Eastern Indonesia. 6(2), 170–179.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Muslikhah, M.-, Kamil, M., & Kamarubiani, N. (2018). The Implementation of Adult Learning Assumption Readiness Relationships in Improving the Effectiveness of Learning Process. Journal of Nonformal Education, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.15294/jne.v4i2.15995

Nisa, I. Y., Sudadio, & Siregar, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Andragogi Pada Pelatihan Pembuatan Tahu untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha di PKBM Al Ishlah Pabuaran. E-Plus, 4(2), 153–164.

Nurhayati, S. (2015). Andragogical Content Knowledge as a Key Component in the Training of the Instructors of Nonformal Education. International Education Studies, 8(2), 219–230. https://doi.org/10.5539/ies.v8n2p219

Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat Menghadapi Digitalisasi. El-Markazi.

Nurjanah, S. (2016). Implementasi Andragogi dalam Pembelajaran PAI di Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta. Tadris, 8(2).

Purwasasmita, M. (2015). Penguatan PLS dalam membangun karakter bangsa melalui pembinaan pramuka di STKIP Siliwangi Bandung. Empowerment, 4(2252), 14–25.

Raharjo, K. (2018). Pemberdayaan Anak Jalanan Sebagai Upaya Pennyadaran Belajar Melalui Pendidikan Kesetaraan Di Kota Samarinda. Humanitas: Indonesian Psychologycal Journal, 13(2), 45–54.

Rahmat, I., & Ridwan. (2020). Implementasi Andragogi Platform E-learning pada Blended Learning di Universitas Negeri Padang. Journal of Education Technology, 4(2), 133–140.

Septiarti, S. W., Hanum, F., Suadirman, S. P., & Kusumawardani, E. (2022). Parental involvement of marginalized children’s education in Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(2), 494–506. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.44982

Siahaan S, R. R. (2013). Perkembangan Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Di Indonesia _ Jurnal Teknodik.

Sondari, Y., Amri, D. I., & Nurhayati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Inklusif Pada Program Kesetaraan Di PKBM Srikandi. Jurnal Comm Edu 1 (3), 70–93.

Sufirmansyah. (2023). Manifestation of Integrated-Andragogic Islamic Education Based on Kitab Kuning in Indonesian Pesantren. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 21(1), 134–146.

Umar, M. (2018). Pendekatan Humanistik dalam Proses Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 70–77.

Wang, V., Torrisi-Steele, G., & Reinsfield, E. (2020). Transformative learning, epistemology and technology in adult education. Journal of Adult and Continuing Education. https://doi.org/10.1177/1477971420918602

Yusri, Y. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN ANDRAGOGI. Al Fikra, 12(1).

Downloads

Published

2023-10-02

Issue

Section

Articles