PENGARUH METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Dewi Pramita Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i2.173

Keywords:

Metode mengajar dan motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Program studi pendidikan matematika FKIP UM Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program
studi pendidikan matematika yang terdaftar sebagai mahasiswa semester V (lima) yang aktif untuk tahun ajaran
2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Uji validitas menggunakan korelasi Product
moment, uji reliabilitas mengunakan rumus Cronbach’s Alpha Dan uji normalitas menggunakan kolomogrov smirnov.
Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana, Hasil penelitian: terdapat pengaruh Metode Mengajar terhadap
motivasi Belajar Mahasiswa program studi pendidikan matematika dengan nilai harga koefisien korelasi (r) sebesar
0,999 dan sig. sebesar 0,000.

Downloads

Published

2018-02-04

Issue

Section

Articles