EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS V

Authors

  • Laila Zulfa Universitas Muria kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Reswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17448

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Pemahaman konsep, Matematika

Abstract

Abstrak: Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD N 3 Adiwarno disebabkan oleh pemanfaatan media pembelajaran yang tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN 3 Adiwarno setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental dengan pendekatan kuantitatif desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas V dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji N-Gain pada hasil pretest dan posttest. Hasil rata-rata skor setiap indikator pemahaman konsep terendah sebesar 0,25 dan tertinggi 0,72 . Hasil analisis data dengan bantuan software SPSS versi 26 diperoleh rata-rata 0,44 yang menunjukkan kategori sedang artinya cukup efektif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality efektif dalam pemahaman konsep matematika siswaSD kelas V.

Abstract: The purpose of this study was to analyze the increase in understanding of mathematical concepts in fifth grade students at SDN 3 Adiwarno after using Augmented Reality-based learning media. This study used the Pre-Experimental method with a quantitative approach to the One Group Pretest Posttest Design. The sample used in this study amounted to 25 students of class V by taking samples using a saturated sample technique. Data collection techniques using interviews, tests, and documentation. This study uses data analysis techniques, namely the N-Gain test on the results of the pretest and posttest. The lowest average score for each indicator of understanding the concept is 0.25 and the highest is 0.72. The results of data analysis with the help of SPSS version 26 software obtained an average of 0.44 which indicates the moderate category means it is quite effective. It can be concluded that learning media based on Augmented Reality is effective in understanding the mathematical concepts of fifth grade elementary school students

References

priliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2149

Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The Effect of Mat Joyo Application on Students’ Understanding of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 9(1), 12–22.

Ermawati, D., Riswari, A. L., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation of Open-Ended Problems on Mathematical Problem-Solving Skill of Elementary School Students. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–157.

Herman, H., & Zalukhu, A. (2023). Augmented Reality (AR) pada Geogebra Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Dimensi Tiga. Journal on Education, 5(3), 6032–6039. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1368

Herniawan, M., & Vivianti, V. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Pengenalan Kamera Dan Teknik Fotografi. Jurnal Edukasi Elektro, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.21831/jee.v6i1.45591

Khairuldin, W. M. K. (2019). An Augmented Reality (AR) Approach in Educational Integration of Du’a in Islam. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(1). https://doi.org/10.6007/ijarped/v8-i1/5498

Khoirina, H. P., Nengsih, M. R., Riswari, L. A., & Kudus, U. M. (2023). Analisis penalaran matematis matematika siswa kelas iv sd di desa gondangmanis. 6, 47–54.

Kurniawan, D., & Masugino. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Differential Berbasis Augmented Reality Untuk Siswa Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 20(2), 66–69.

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 45–50.

Listyorini, A. S. A. S. T. (2017). Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality. Pros Iding SNATIF Ke -2 Tahun 2015, 29–32.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741

Nugraha, A. C., & Bachmid, K. H. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.45497

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11364

Setyaningrum, Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Sidomulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548–6950.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujadi, A., & Kholidah, I. R. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 428–431.

Sural, I. (2018). Augmented Reality Experience: Initial Perceptions of Higher Education Students,. International Journal of Instruction, 11(4), 565–576.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11

Downloads

Published

2023-10-19

Issue

Section

Articles