PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Mahsup Mahsup [Scopus ID: 57214780479, Sinta ID: 6040833], University Muhammadiyah Mataram
  • Eka Fitriani University Muhammadiyah Mataram
  • Ibrahim Ibrahim University Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.19391

Keywords:

Development of e-modules, discovery methods, learning comprehension

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis metode penemuan untuk meningkatkan pemahaman belajar mahasiswa berdasarkan kategori valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan dengan terdiri dari analisis, design, develop, evaluate dan implementasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data pemahaman mahasiswa dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memvalidasi data e-modul dan menganalisis data respon dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian bahwa e-modul berbasis pendekatan penemuan yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 88,5, praktis dengan skor rata-rata 72,3 dan efektif dengan skor rata-rata 78% sehingga modul yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Abstract:  The purpose of this study is to develop e-modules based on discovery methods to improve students' learning understanding based on valid, practical, and effective categories. The development method consists of analysis, design, develop, evaluate and implementation. The data collected in this study are student understanding data and questionnaires. The data analysis technique used in this study is by validating e-module data and analyzing lecturer and student response data. The results of the study that the e-module based on the discovery approach developed were declared valid with an average score of 88.5, practical with an average score of 72.3 and effective with an average score of 78% so that the developed module could increase student understanding.

Author Biography

Mahsup Mahsup, [Scopus ID: 57214780479, Sinta ID: 6040833], University Muhammadiyah Mataram


------------------------

Scopus ID: 57214780479

Sinta ID: 6040833

Google Scholar

------------------------

Field of Research Interest:

Mathematics Education

References

Aini, P. N., Hariyani, S., & Suwanti, V. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Menurut Teori Honey Mumfor. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 44. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1746

Al Hakim, R. R., Setyowisnu, G. E., & Pangestu, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 82–91. https://doi.org/dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91

Andani, helfi fitri. (2017). Pengembangan E – Modul Akuntansi Perusahaan Jasa Sebagai Penunjang Project Based Learning di SMK. In SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM.

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251

Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). … Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. … Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 200– 206. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/7062

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180–187.

Indra, M. R. I., & Saleh, R. (2021). Pengembangan E-Module Praktik Batu Beton Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ. Jurnal PenSil, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i1.17781

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

M. Ardiansyah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Mubasiroh, S. L., Priyatni, E. T., & Susanto, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Resensi Cerpen Berbasis Literasi Kritis Bagi Siswa SMA Kelas XI. Foundasia, 10(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.28926

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho, G. N. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon 2018 Cirebon, 21 April 2018 PENANAMAN, April, 193–201.

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 228. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931

Rendra, G. R. P., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan e-modul berbasis project based learning menggunakan schoology. Karmapati, 7(2), 50–58.

Rifa’i, M., & Nisa, R. (2019). Pengembangan E-Modul Kalkulus Berbasis Geogebra Dengan Dukungan Website Moodle. Math Didactic, 5(3), 259–268.

Sefina Samosir, R., Ziveria, M., Candrasari, S., & Salman. (2021). Mendesain Bahan Ajar Berbasis Multimedia Bagi Dosen Dan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Djuanda Bogor. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.53008/abdimas.v2i2.182

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 130.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Vicratina : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23.

Wahyudi, D. (2019). Pengembangan E-Modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8527

Downloads

Published

2023-10-23

Issue

Section

Articles