PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIED ELICITING ACTIVITIES

Authors

  • Rifdah Rifdah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endang Cahya Universitas Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2362

Keywords:

Critical Thinking Mathematically, Mathematical resiliency, Modified Eliciting Activities Modification.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Modified Eliciting Activities. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Jakarta Pusat kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian sebanyak 5 butir soal kemampuan berpikir kritis matematis dan 25 pernyataan resiliensi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan Modified Eliciting Activities lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. 2) Pencapaian resiliensi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan Modified Eliciting Activities lebih tinggi secara keseluruhan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan.  Abstract:  The aim of this research is to get a picture about the enhancement of critical thinking and mathematical resilience students after learning using Modified Eliciting Activities. This research conducted in the private junior high school in Jakarta class VIII. The method of this research is a  quasi-experiment. The material used in this research was build a flat side room. The research instrument consisted of 5 critical thinking skill problems, and 25 statements of mathematical resilience. The results showed that 1) the enhancement of mathematical critical thinking skill of students who study with Modified Eliciting Activities higher than students who study with conventional learning, 2) Achieving the mathematical resilience of students who who study with Modified Eliciting Activities higher than students who study with conventional learning reviewed as a whole Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Modified Eliciting Activities.Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Jakarta Pusat kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian sebanyak 5 butir soal kemampuan berpikir kritis matematis dan 25 pernyataan resiliensi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan Modified Eliciting Activitieslebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. 2) Pencapaian resiliensi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan Modified Eliciting Activities lebih tinggi secara keseluruhan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan.

 

Abstract:  The aim of this research is to get a picture about the enhancement of critical thinking and mathematical resilience students after learning using Modified Eliciting Activities. This research conducted in the private junior high school in Jakarta class VIII. The method of this research is a  quasi-experiment. The material used in this research was build a flat side room. The research instrument consisted of 5 critical thinking skill problems, and 25 statements of mathematical resilience. The results showed that 1) the enhancement of mathematical critical thinking skill of students who study with Modified Eliciting Activities higher than students who study with conventional learning, 2) Achieving the mathematical resilience of students who who study with Modified Eliciting Activities higher than students who study with conventional learning reviewed as a whole

References

Amalia, R. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2568

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal On Education.

Hendriana, H., Soemarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2017). Hard Skill dan Soft Skil. In Refika Aditama. https://doi.org/10.1177/1742766510373715

Hendikawati. (2012). Keefektifan Problem Based Learning Dan Model Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.252

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Johnston-Wilder, S., Lee, C., Brindley, J., & Garton, E. (2015). Developing Mathematical Resilience in School-Students Who Have Experienced Repeated Failure. Iceri2015: 8Th International Conference of Education, Research and Innovation.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Kooken, Janice; Welsh, Megan E.; Mccoach, D. Betsy; Johnson-Wilder, Sue and Lee, C. (2013). Mathematical Resilience: An application and exploration of motivational constructs related to resilience in the study of mathematics. American Educational Research Association (AERA) 2013 Annual Meeting.

LUBIS, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17957.x

Ningsih, E. F. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 25. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1441

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In PISA. OECD Publishing. Paris.

Priatna. M, B. A. (2016). Pembelajaran Model-Eliciting Activiting (MEAs) Yang Dimodifikasi Dalam Pembelajaran Matematika Dan Statistika. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2825

Senjayawati, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smk Melalui Pendekatan Problem Posing. JURNAL E-DuMath, 4(1), 58. https://doi.org/10.26638/je.588.2064

Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In Metodelogi Penelitian.

Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist. https://doi.org/10.1080/00461520.2012.722805

Zulkarnaen, R. (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Kreativitas Matematis Pada Siswa Kelas Viii Pada Satu Sekolah Di Kab. Karawang. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.69

Published

2020-07-25

Issue

Section

Articles