ENHANCING INNOVATION BY STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) ON ONLINE LEARNING IN DISRUPTIVE ERA

Authors

  • Maria Beatrix Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2489

Keywords:

Innovation, Student-centered Learning, Online Learning

Abstract

Abstrak: Corona telah membuat banyak gangguan yang tak terduga di masyarakat. Ada banyak lockdown yang terjadi di berbagai tempat di dunia yang mengubah kegiatan sehari-hari, seperti pendidikan. Seperti halnya kegiatan lainnya, pendidikan harus beradaptasi dengan menggunakan pembelajaran online. Masalahnya adalah tidak setiap siswa siap untuk berubah dan beradaptasi untuk melakukan student-centered learning (SCL) dengan menggunakan teknologi untuk pembelajaran online yang sangat berbeda dari pembelajaran yang biasa mereka lakukan di sekolah. Student-centered learning (SCL) adalah cara belajar yang menjadikan siswa sebagai pusat perhatian dan memberikan kesempatan untuk menyesuaikan dengan kemampuan atau perilaku mereka dalam belajar. Inovasi diperlukan dan akan meningkat untuk melakukan student-centered learning (SCL) selama perubahan yang tiba-tiba dan tidak dipersiapkan ini. Oleh karena itu masalahnya adalah bagaimana inovasi berperan selama pandemi dalam pendidikan. Metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui literatur, seperti buku, internet, dan sumber-sumber lain akan digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah student-centered learning (SCL) dalam pembelajaran online adalah sebuah inovasi yang juga meningkatkan inovasi siswa. Hal ini berarti dengan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa akan lebih inovatif, di mana mereka dapat membuat atau meningkatkan gagasan.

Abstract:  Corona has made a lot of unexpected disruptive in society. There has been a lot of lockdowns happening around the world that change daily activities, such as education. Like working, education has to adapt by using online learning. The problem is not every student is ready to change and adapt to do student-centered learning by using technology for online learning which was very different from their usual learning at school. Student-centered learning is ways of learning that make students as the center of attention and giving the opportunity to adjust to their abilities or behavior in learning. Innovation was needed and will increase to perform student-centered learning during this sudden unprepared change. Therefore the issue will be how innovation plays a role during this pandemic in education. Qualitative methods with data collection techniques through literature, such as books, research, the internet, and other sources will be used to solve the issue. The result of this study is student-centered learning in online learning is an innovation that also improves student’s innovation. That means by implementing student-centered learning, students will be more innovative, where they can create or upgrade the ideas.

References

Eka, K. I. (2019). Analisis Pencapaian Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Siswa SMK Akuntansi di Kabupaten Gresik. In SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/akutansi/article/view/83109

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (2020). Data Sebaran Covid-19. Data Sebaran. https://covid19.go.id/

H. Mudjia Rahardjo. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. https://doi.org/10.1360/zd-2013-43-6-1064

Huda, N., Setijorini, L. E., Eka Yani, D., & Farida, I. (2017). Keragaman Proses Pembelajaran Penyuluh Pertanian Dalam Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Matematika Sains Dan Teknologi, 18(1), 56–67. https://doi.org/10.33830/jmst.v18i1.180.2017

I Wayan Santyasa. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 14.

Inas Widyanuratikah, A. (2020). Belajar dari Rumah, Konsep yang Ternyata tak Mudah. REPUBLIKA. https://republika.co.id/berita/q7ds30328/belajar-dari-rumah-konsep-yang-ternyata-tak-mudah

Kaimuddin, K. (2015). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 19–38. https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I1.391

Kustijono, R. (2011). Implementasi Student Centered Learning Dalam Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 19. https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p19-32

Kuswanti, Y., Setiawani, S., & Lestari, N. D. S. (2017). Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Berdasarkan Dimensi Kognitif Trends International Mathematics and Science Study (TIMSS). Jurnal Edukasi, 4(3), 25. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6156

Ma’sum, A. (2015). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Kontekstual. JURNAL DIDAKTIKA ISLAMIKA, 5(1), 76–98. http://etheses.uin-malang.ac.id/4323/1/02110282.pdf

Mediana. (2020). Beban Guru Makin Bertambah Selama Pandemi Covid-19. KOMPAS. https://kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2020/07/28/beban-guru-makin-bertambah-selama-pandemi-covid-19/

Muqtadiroh, F. A., & Muklason, A. (2012). Penerapan Student Centered Learning Pada Perkuliahan Pengantar Sistem. Konferensi Nasional Pendidikan Teknologi Informasi, Januari 2012.

Nurhidayah, D. A. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Materi Geometri. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 43–50.

Nursa’ban, M. (2007). Implementasi Student Centered Learning Berbasis Internet Dalam Pembelajaran Geografi Program Pendidikan Non Formal Kejar Paket C. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(11).

Siti Zubaidah. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan. Seminar Nasional Pendiikan, 2, 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842

Thamrin, H. (2013). Pengembangan Sistem Penilaian Otomatis Terhadap Jawaban Soal Pendek Dan Terbuka Dalam Evaluasi Belajar Online Berbahasa Indonesia. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT).

Uslan dan Nuriyah. (2018). Model Student Centered Learning ( Scl ) Di Sekolah Dasar ( Sd ) Yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pendas Mahakam. Vol 3 (1). 63-67. Mei 2018, 3(1), 63–67.

Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. In Pythagoras (Vol. 2, Issue 1, pp. 10–23). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf

Published

2020-07-29

Issue

Section

Articles