ONLINE LEARNING ANALYSIS FROM THE PERSPECTIVE OF PRE-SERVICE BIOLOGY TEACHERS

Authors

  • Maesaroh Maesaroh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3888

Keywords:

Online learning, Covid-19, Students, Prospective Teachers, Biology.

Abstract

Abstrak: Pembelajaran merupakan interaksi antara pendidik dan peserta didik dengan bantuan alat, media dan sumber belajar untuk mencapai tujuan belajar. Proses belajar umumnya terjadi secara tatap muka di ruangan kelas atau laboratorium. Pembelajaran daring telah dilaksanakan secara penuh selama semester genap tahun akademik 2020/2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19. Penelitian ini menyajikan informasi berupa analisis pembelajran daring dari perspektif mahasiswa berupa proses pembelajaran, hambatan, kelebihan, serta peluang. Pembelajaran daring belum terlaksana dengan efektif dan efisien dari perspektif mahasiswa program studi Pendidikan biologi. Pembelajaran daring dinyatakan belum dapat dilaksanakan pada kegiatan praktikum dan pengembangan keterampilan kerja ilmiah. Pembelajaran terkendala pada kualitas infrastruktur, SDM, dan implementasi variasi strategi pembelajaran secara daring. Keunggulan pembelajaran daring menurut mahsiswa membantu menjadi pebelajar yang mandiri sehingga dapat mengenali kemampuan masing-masing dalam menguasi materi.

Abstract: Learning is an interaction between educators and students with the help of tools, media and learning resources to achieve learning goals. In biology, he learning process generally occurs face-to-face in a classroom or laboratory. Online learning has been fully implemented during the even semester of the 2020/2021 academic year to prevent the spread of Covid-19. This study provides information in the form of online learning analysis from a student perspective in the form of learning processes, obstacles, strengths, and online learning opportunities. Online learning has not been carried out effectively and efficiently from the perspective of Biology Education study program students. Online learning is declared unable to be implemented in practicum activities and scientific work skills development. Learning is constrained by the quality of infrastructure, human resources, and the implementation of various online learning strategies. The advantages of online learning according to students are helping to become independent learners so they can recognize their respective abilities in mastering the material.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan (Education Research Methodology). Jurnal Al-Hikmah Way Kanan, 1(1).1-5.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV), 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Barratt, M. J., Ferris, J. A., & Lenton, S. (2015). Hidden Populations, Online Purposive Sampling, and External Validity: Taking off the Blindfold. Field Methods, 27(1), 3–21. https://doi.org/10.1177/1525822X14526838

Chandrawati, S.R. (2010). Pemanfaatan E-LEarning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan. 8(2). 172-181.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning on Distance Education: A Concept That Changes Learning Methods in Higher Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. 8(2). 99–113.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Etikan, I., Musa, S., A., Alkassim, R., S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1-4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Hadisi, L., Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al- Ta'Dib. 8(1), 117–140.

Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning (The Dilemma and the Challenge of Learning). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4 (1). 1–13. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132318574/Dilema dan Tantangan Pembelajaran Elearning ok.pdf

Khoir, H., M., R. Eka Murtinugraha, R., E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Maesaroh, M., Gufron Amirullah, Eka Kartikawati, & Mega Elvianasti. (2020). Pelatihan Pembelajaran Biologi Berbasis ICT bagi Guru Muhammadiyah DKI Jakarta. Jurnal SOLMA. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.4897

Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual. 2(1), 1–14.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145-150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Rahman, M. A., Amarullah, R., & Hidayah, K. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 101–116. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.656

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3(3), 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Published

2021-04-15

Issue

Section

Articles