IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MORAL (LIVING VALUE) UNTUK MEMBINA KARAKTER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v4i2.43Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dosen dalam pembentukan karakter mahasiswa, bagaimana mengintagrasiskan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah, dan melihat factor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan beberapa prosedur. Adapun tempat penelitian pada program studi Pendidikan Sejarah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di Universitas Muhammadiyah Mataram. Waktu penelitian pada bulan April sampai Juni 2012. Fokus penelitian dalam hal ini berkaitan langsung dengan upaya dosen sejarah untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah. Sedangkan objek penelitiannya adalah dosen Sejarah. Dekan, dan mahsiswa. Pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah dosen mengupayakan pembentukan karakter mahasiswa, dengan melakukan berbagai macam program antara laindiadakan oleh pimpinan kepada dosen dan karyawan lainnya. Program yang dilaksanakan untuk mahasiswa dilakukandalam kelas dan luar kelas. Dalam kelas dengan cara pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah, kedua mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Ketiga dosen menggunakan metode-metode yang memberikan motivasi belajar mahasiswa. Di luar kelas dilakukan dengan berbagai macam program anatara lain kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam menjalankan proses tersebut terdapat beberapa faktor penghambatantara lain adanya perbedaan latar belakang mahasiswa sehingga sulit membentuk karakter mahasiswa, seperti kurangnya pengetahuan moral mahasiswa, penanaman moral kurang optimal, kurangnya keteladan dari dosen
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.