PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBANTUAN GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • Dewi Purwati Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4966

Keywords:

Google Slide, Problem Solving Ability, Development, Quizizz.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) berbantuan Google Slide dan Quizizz dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi statistika kelas VIII SMP yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket, soal pretest dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi buku ajar dengan kriteria sangat valid sebesar 90,80% , tingkat kepraktisan buku ajar memiliki kriteria sangat praktis sebesar 93,76%, tingkat keefektifan dilihat dari hasil uji statistik menggunakan nilai pretest dan posttest siswa dengan hasil uji t yaitu thitung > ttabel signifikan α = 5% (α = 0,05). Artinya, terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah, sehingga dikategorikan efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa BAEI yang dikembangkan tergolong sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan.

Abstract: This study aims to produce an Interactive Electronic Textbook (BAEI) assisted by Google Slides and Quizizz in improving problem solving skills in statistical material for class VIII SMP which reaches the level of validity, practicality, and effectiveness. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the development model used is 4D. The instruments used are validation sheets, questionnaires, pretest questions and posttest questions. Based on the results of the study, the results of the validation of textbooks with very valid criteria of 90.80%, the level of practicality of textbooks having very practical criteria of 93.76%, the level of effectiveness seen from the results of statistical tests using students' pretest and posttest scores with the results of the t test, namely tcount > ttable significant = 5% (α = 0.05). That is, there is an increase in the value of student learning outcomes in problem solving abilities, so that it is categorized as effective. Thus, it can be concluded that the BAEI developed is classified as very valid, very practical, and effective to use.

References

Agustina, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educate. 3(1), 17–25.

Ambarita, J., Helwaun, H., & Houten, L. Van. (2021). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19.Community Engagement & Emergence Journal,2(1),46.

Anshori, F. Al, & Syam, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2).

Aulia, F. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 3(2).

Fajri, N. (2020). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika untuk Siswa SMK. 06(02), 369–374.

Febriati, F. N., & Budiono, J. D. (2011). Pengembangan Buku Ajar Elektronik Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Kelas XI SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 140–144.

Kesumawati, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika,7(2), Hal. 58-59.

Nanda, D., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Volume 7, No 2, Agustus 2018 Tersedia Online: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil. 7(2), 25–34.

Oktaviana, D., Susiaty, U. D., Studi, P., & Matematika, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI PONTIANAK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan).4(3).

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Putria, A., Akhyar, M., & Sutimin, L. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Menggunakan E-Book Berbasis Pendekatan RME. Teknodika, 15(2), 25. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34744

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, (R&D). Bandung:Alfabeta

Wen, J.-R., Chuang, M. K., & Kuo, S.-H. (2012). The learning effectiveness of integrating e-books into elementary school science and technology classes. International Journal of Humanities and Arts Computing, 6(1–2), 224–235. https://doi.org/10.3366/ijhac.2012.0051

Wijayanti, W., & Zulaeha, I. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X Sma/Ma. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 94–101.

Yusup, Y., Santoso, S., & Istifarida, B. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-Gis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X Sma N 1. Paedagogia, 20(2), 134. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8596

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles