MOTIVASI GURU DALAM BEKERJA PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Rosyida Nurul Anwar Pendidikan Guru PAUD, Universitas PGRI Madiun
  • Mardan Umar Manajemen Dakwah FUAD, IAIN Manado

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4970

Keywords:

Motivation, Teacher, Islamic education.

Abstract

Abstrak: Meningkatkan motivasi guru dalam bekerja merupakan sebuah keharusan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Guru merupakan aktor utama pada peserta didik, sehingga bila guru memiliki motivasi tinggi akan mampu menjadikan guru yang loyal, inovatif dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahamana mengenai motivasi guru dalam bekerja dari perspektif Islam. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini guna memahami pandangan dari responden. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Responden pada penelitian ini sebanyak 35 guru yang tersebar di pulau Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi guru dalam bekerja perspektif Islam adalah spiritual Islam meliputi iman, taqwa, dan Ihsan serta hadian/penghargaan dan hukuman. Penelitian ini jelas mengungkapkan bahwa motivasi perspektif Islam berbeda dengan motivasi dari sudut pandang barat.

Abstract: Increasing teacher motivation at work is a must to improve the quality of education. Teachers are the main actors in students, so if teachers have high motivation, they will make teachers loyal, innovative and productive. This study aims to provide an understanding of teacher motivation in working from an Islamic perspective. A qualitative research approach is used in this study to understand the views of the respondents. Data collection techniques in research using interviews. Respondents in this study were 35 teachers spread across the island of Java. The results showed that the teacher's motivation in working with an Islamic perspective was Islamic spirituality, including faith, taqwa, and Ihsan, and gifts/rewards and punishments. This research reveals that the motivation of the Islamic perspective is different from the motivation from the western point of view.

References

Anwar, R. N. (2019). Motivasi Belajar Baca Tulis Al Quran Pada Ibu Rumah Tangga Di TPQ Anwarul Qulub Sidorejo. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, (April), 162–166. Malang: Universitas Negeri Malang.

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 44–50.

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019a). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari. Conference on Research & Community Services, 51–56. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019b). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1–12.

Ardiana, T. E. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2), 14–23. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i1.549

Arif, M. (2017). Membangun Kepribadian Muslim Melalui Takwa Dan Jihad. Kalam, 7(2), 343. https://doi.org/10.24042/klm.v7i2.383

Bhatti, O. K., Aslam, U. S., Hassan, A., & Sulaiman, M. (2016). Employee Motivation an Islamic Perspective. Humanomics, 32(1), 33–47. https://doi.org/10.1108/H-10-2015-0066

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 24–35. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148

Eyal, O., & Roth, G. (2011). Principals’ leadership and Teachers’ Motivation Self-Determination Theory Analysis. Journal of Educational Administration, 49(3), 256–275.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020

Herzberg, F. (1964). The Motivation-hygiene Concept and Problems of Manpower. Personnel Administration, 27(1), 3–7.

Herzberg, F. (2008). One More Time : How Do You Motivate Employees ? Cambridge: Harvard Business Review.

Irtiqo, N. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Di Tk Tunas Adipura Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).

Jabnoun, N. (2005). Islam and Management. Riyardh: Samo Press Group.

Juniantara, I. W., & Riana, I. G. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(4), 611–628.

Kuswaeri, I. (2016). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru SMP Kabupaten Sumedang. Tanzhim: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–12.

Maham, R., Bhatti, O. K., & Öztürk, A. O. (2020). Impact of Islamic SPirituality And Islamic Social Responsibility On Employee Happiness With Perceived Organizational Justice As A Mediator. Cogent Business and Management, Vol. 7. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1788875

Maslow, A. H. (2010). Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali Press.

McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. New York: C ambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Data Analysis Quantitative. Jakarta: UI-Press.

Mohammed Kamil, N., Al-kahtani, A. H., & Sulaiman, M. (2011). The Components Of Spirituality In The Business Organizational Context: The Case Of Malaysia. Asian Journal of Business and Management Sciences, 1(2), 166–180.

Nasrun, N. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063

Nurdin, A. (2018). Motivasi Kerja Dan Lingkungan Belajar Dalam Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.367

Oxford University Press. (2020). Oxford Learner’s Dictionaries. United Kingdom: Oxford University Press.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.

Putro, S. E., Rinawati, A., & Muh, U. (2013). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 278–289.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations : Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 67, 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Sjahruddin, H., & Sudiro, A. (2013). Personality Effect on Organizational Citizenship Behavior ( OCB ): Trust in Manager and Organizational Commitment Mediator of Organizational Justice in Makassar City Hospitals ( Indonesia ). Journal of Business Management, 5(9), 95–105.

Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v3i1.570

Sulaiman, M., Mohsen, M., & Kamil, N. M. (2013). The Role Of Spirituality And Responsibility On Business Leadership Effectiveness: An Empirical Analysis In The Republic Of Yemen. 3rd International Management Conference. Bandung.

Syafei, I. (2018). Hakikat Manusia Menurut Islam. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 743–755. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.2132

Tim Syamil Al-Qur’an. (2016). Syaamil Quran: Hijaz Terjemah Tafsir Per Kata. Bandung: Syaamil Quran.

Warsito. (2014). Peranan Budaya Dan Pendidikan Karakter Bagi Pembangunan Bangsa. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 63–76. Solo: Universitas Sebelas Maret.

Zakariah, M. (2018). Ibadah Qurban Sebagai Wujud Iman Dan Taqwa. Jurnal Syariah Hukum Islam, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.5281/zenodo.1242569

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles