INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN BERBASIS SENI KRIYA

Authors

  • Sri Sukarni Universitas Pendidikan Mandalika
  • Pyo Apriliana Munawarah Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.5517

Keywords:

Assessment instrument, On the job training, Craft art.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Praktik Kerja Lapangan berbasis seni kriya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Alur penelitian ini dimulai dari analisis kebutuhan dosen dalam menilai hasil Praktik Kerja Lapangan, membuat perencaaan pengembangan instrumen, membuat kisi-kisi instrumen penilaian yang terdiri dari empat indikator yaitu penciptaan karya, alat dan bahan, proses berkarya, dan hasil karya kriya. Kisi-kisi instrumen tersebut divalidasi oleh dua orang validator menggunakan rumus Aiken’s V. Berdasarkan data analisis diperoleh nilai rata-rata untuk indikator penciptaan karya adalah 0,91 dapat dikategorikan valid; nilai rata-rata untuk indikator alat dan bahan adalah 0,87 dapat dikategorikan valid; nilai rata-rata untuk indikator proses berkarya adalah 0,91 dapat dikategorikan valid dan nilai rata-rata untuk indikator hasil karya kriya adalah 0,91 dapat dikategorikan valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah seluruh indikator pada instrumen penilaian valid dan dapat digunakan untuk menilai hasil Praktik Kerja Lapangan berbasis seni kriya. 

Abstract:  This study was aimed to develop assessment instrument on the job training’s result of craft art based. The type of study is development study. The flow of this study is begun by analysing the need of lecturers in assessing the result of the job training, planning research on the development instrument, create a grid of assessment instrument that consisted of four indicators are creation of work, equipment and materials, process of working, and result of craft art working, then develop an assessment instrument. The grid of the assessment is validated by two validators by using Aiken’s V formula. Based on the data processing and analysis showed that the mean score for creation of work indicator was 0.91 can be categorized valid; mean score for equipment and materials indicator was 0.87 can be categorized valid; mean score for process of working indicator was 0.91 can be categorized valid and mean score for the result of craft art working indicator was 0.91 can be categorized valid. It can be concluded that all indicators of the instrument are valid and can be used to assess the result of job training on craft art based.

References

Adityagana, D., Indrawati, C., & Rahmanto, A. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran 2(2), 15-25.

Aikens, L. (1985). Three Coefficient for Analyzing the Validity and Reliability of Ratings. Educational and Psychological Measurement (45).

Alipour, M., Salehi, M., Shahnavaz, A. (2009). A Study of on the Job training Effectiveness: Empirical Evidence of Iran. International Journal of Business and Management 4 (11), 63-68.

Arifin, M. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan Pada Instansi/Perusahaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bastomi, S. (2003). Seni Kriya Buku Ajar. Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Borg, W., & Gall, M. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed). New York: Longman, Inc.

Caballero, C., & Warker, A. (2010). Work readineees in Gradute Recruetment and Seletion: A Review of Current Assessment Methods. Journal of teaching and Learning for Graduate Employability 1 (1), 13-25.

Makki, B., Salleh, R., Memon, M. A., & Harun, H. (2015). The Relationship Between Work Readiness Skills, career Self-Efficacy and Career Exploration Among Engineering Graduates: A Proposed Framework. Research Journal of Applied Science, Engineering and Technology, 10 (9), 1007-1011.

Mary, R. E., & Peter, C. A. (2000). School-to-Work Transtition: From Theory to Practice. Australian Journal of Career Development 9(3), 1-23.

Na, K. (2021). The Effect of On-The-Job Training and Education Level of Employees on Innovation in Emerging Markets. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Company, 7 (1), 1-20.

Prihono, E. (2020). Validitas Instrumen Kompetensi Profesional Pada Penilaian Prestasi Kerja Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 (21), 897-910.

Rizki, N., Suyadi, B., & Sedyati, R. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11(2), 89.

Setyaningrum, F. (2019). Seni Kriya Kain Perca Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Mahasiswa. Pelataran Seni, 15-24.

Wardani, F., Sulistyaningrum, C., & Susantiningrum. (2018). Analisis Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Dalam Memepersiapkan Siswa Memasuki Dunia Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 19-30.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles