PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MEMBACA SURAT AL-FALAQ MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Semiadi Semiadi SDN Jereneng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i2.831

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI materi membaca surat Al-Falaq kelas IV SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil belajar siswa pada tahap pra siklus dari 28 siswa yang memiliki hasil belajar mencapai nilai KKM 80 sebanyak 8 siswa sedangkan sisanya sebanyak 20 siswa tidak lulus, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,21. Selanjutnya pada siklus I hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yaitu dari 28 siswa sebanyak 15 siswa lulus, sedangkan sebanyak 13 siswa belum mencapai tidak lulus dengan nilar rata-rata kelas sebesar 77,32. Terakhir, pada siklus II menunjukkan peningkatan yang lebih baik dengan hasil dari 28 siswa kelas IV terdapat 23 siswa lulus atau mencapai KKM 80 dan hanya ada 5 siswa atau 18% orang siswa yang belum lulus dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,28. Abstract: This study aims to determine the application of demonstration methods to improve student learning outcomes in PAI subjects in the material reading Al-Falaq. The research design used was classroom action research (CAR). Based on the results of research that has been done it was found that the application of demonstration methods can improve student learning outcomes. The student learning outcomes in the pre-cycle stage of 28 students who had learning outcomes reached 80 KKM scores as many as eight students while the remaining 20 students did not graduate, with an average class value of 68.21. Furthermore, in the first cycle, the student learning outcomes showed an increase, from 28 students as many as 15 students graduated, while as many as 13 students had not achieved non-graduation with a grade average of 77.32. Finally, in the second cycle showed better improvement with the results of 28 class IV students, there were 23 students graduating or reaching KKM 80, and there were only five students or 18% of students who had not graduated with an average class value of 84.28.

References

Abdurrahman Saleh. (2007). Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an. Jakarta: PT Rineka Cipta

Alfabeta. Dahlan dan Umrah. (2013). Buku ajaran ketrampilan dasar praktik kebidanan. Malang: Intimedia.

Depkes RI. (2014). 10 Pesan Hidup Sehat Dalam Kedaruratan. Depkes RI.

Ali Hasan, M. (2003). Selekta Pendidikan Agama Islam CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers

Arifin, M. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Daradjat, Zakiah. (2004). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Djunaidi Ghony, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN Malang Press.

Hadiatama dan Arifah. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Mencuci Tangan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Mencuci Tangan Siswa SDN 01 Gonilan. Artikel Ilmiah.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Jakarta: Prenada Media.

Soedarsono. (2001). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sya’diyah, Wafirotu. (2012). Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas II SD Negeri Pucang Kec. Secang Kab. Magelang Tahun 2012. Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Syaodih S., Nana. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. (2007). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahid, Murni dan Nur, Ali. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Agama dan Umum dari Teori Menuju Praktik. Malang: UM Press.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles