EFFECTIVE LEARNING STRATEGIES IN BASIC EDUCATION LEVELS DURING THE COVID-19 PANDEMIC: AN EMPIRICAL STUDY

Authors

  • Muhammad Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Armi Permana Putri Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ilyas Thamrin Tahir Universitas Negeri Makassar
  • Nur Arisah Universitas Negeri Makassar
  • Nurdiana Nurdiana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.8326

Keywords:

Learning Strateg, , COVID-19 pandemic, Elementary School.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pelaksanaan pembelajaran efektif yang diterapkan di Sekolah Dasar pada masa pandemi COVID–19. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang guru SD yang memenuhi kriteria untuk menjadi informan. Adapun teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kuliatitaf dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran efektif di tengah situasi pandemi COVID–19 meliputi: (1) dilakukan secara luring (luar jaringan) di salah satu rumah siswa dengan cara membuat 2 kelompok dalam 1 kelas untuk melaksanakan pembelajaran luring tersebut; dan (2) dilakukan dengan sistem PTMT (Pembelajaran tatap muka terbatas) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Abstract. This study aims to determine the effective learning implementation strategy implemented at the 90 Mattumpu State Elementary School during the COVID-19 pandemic. This research is a research with a qualitative approach. The informants in this study were 3 elementary school teachers who met the criteria to become informants.  The data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The investigation/analysis of the data used qualitative analysis techniques with interactive models which included data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study indicate that effective learning strategies in the midst of the COVID-19 pandemic situation at SD Negeri 90 Mattumpu include: (1) carried out offline (outside the network) in one of the students' homes by making 2 groups in 1 class to carry out offline learning ; and (2) carried out with the PTMT system (limited face-to-face learning) while still implementing health protocols.

References

Agesti, N., Isdaryono, M. N., & Rachman, F. (2020). Analisis Kebijakan Pembelajaran Secara Luring Di Smk Veteran 1 Sukoharjo. Keraton: Journal of History Education and Culture, 2(2), 80–92.

Anugraha, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Badriyah, I., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3651–3659.

Basri, J., & Sulaiman, H. (2021). Model Kombinasi Sebagai Alternatif Pembelajaran Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Naratas, 3(1), 10–14.

Basuony, M. A., EmadEldeen, R., Farghaly, M., El-Bassiouny, N., & Mohamed, E. K. (2020). The Factors Affecting Student Satisfaction with Online Education During the COVID-19 Pandemic: An Empirical Study of An Emerging Muslim Country. Journal of Islamic Marketing, 12(3), 631–648.

Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M. Z., & Suryanda, A. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–145.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2(2), 81–89.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. ANUVA, 4(2), 231–240.

Jamaludin, Gilang, M., Nuruddin, A., & Syafaatun, N. (2021). Meningkatkan literasi Digital Bagi Guru dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa COVID-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 714–718.

Krosnick, J. A. (2017). Improving Question Design to Maximize Reliability and Validity. The Palgrave Handbook of Survey Research, 95–101.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: Sage publications.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, Online Learning, and distance Learning Environments: Are they the Same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Mubarok, R. (2022). Guru Sebagai Pemimpin di dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(1), 19–32.

Mustapa, K., Zainal, S., & Mawaddah, H. (2021). Kesiapan Guru dan Strategi Pembelajaran di Era Pandemi COVID-19 sebagai Capaian Hasil Belajar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 561–568.

Muttaqin, Z. (2021). Strategi Penyelenggaraan Pesantren Pada Masa‎ Pandemi COVID-19 di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an‎ Menawan Kudus. QUALIT, 9(2), 217–230.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402–409.

Rahmad. (2021). Tantangan Guru dalam Pembelajaran Luring Masa Pandemi COVID-19 di SD Kecil Paramasan Atas. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 84–92.

Sari, I. K., & Astuti, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1717–1723.

Subhi, I. (2020). Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran di Tengah Pandemi COVID-19. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–56.

Sutarto, Indrawati, & Wicaksono, I. (2018). The Role of Picture of Process (PP) on Senior High School Students’ Collision Concept Learning Activities and Multirepresentation Ability. In Journal of Physics: Conference Series, 1006(12037).

Yanti, A. A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi Guru terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 4(3), 84–92.

Yulia, T. (2020). Pengembangan Strategi Pembelajaran yang Efektif di Tengah Pandemi COVID-19. Shift Key: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 10(2), 94–108.

Downloads

Published

2022-09-04

Issue

Section

Articles