MUHAMMADIYAH AND PROGRESSIVE EFFORTS FOR THE RIGHTS OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS

Authors

  • Ach. Sudrajad Nurismawan Universitas Negeri Surabaya
  • Findivia Egga Fahruni Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.8555

Keywords:

Muhammadiyah, Special Need, Inclusion, Education Management.

Abstract

Abstrak: Jumlah kajian ilmiah terkait kontribusi nyata Muhammadiyah di bidang pendidikan sangatlah berlimpah. Akan tetapi, dalam konteks kontribusi Muhammadiyah di bidang pendidikan khusus/inklusif masih sangatlah minim, padahal dalam beberapa tahun belakangan lembaga pendidikan Muhammadiyah sangatlah progresif untuk memfasilitasi hal ini. Karena itu tulisan ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan upaya-upaya progresif Muhammadiyah di bidang pendidikan inklusif; 2) Menganalisis peluang dan tantangan pendidikan inklusi di sekolah Muhammadiyah, dan 3) Memberikan beberapa rekomendasi yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan inklusi di sekolah Muhammadiyah. Makalah ini menggunakan metode studi kepustakaan pada sumber-sumber yang relevan seperti jurnal ilmiah, buku, dan berita kemudian dianalisis secara sistematis sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa Muhammadiyah telah banyak berkontribusi dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus, terutama melalui program pendidikan inklusi di sekolah Muhammadiyah. Temuan penelitian ini dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi para pemangku kepentingan dalam mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum sumber daya manusia dan pendidikan inklusif di sekolah Muhammadiyah ke arah yang lebih baik.

Abstract: The number of scientific studies related to the actual contribution of Muhammadiyah to education is abundant. However, the gift of Muhammadiyah in special/inclusive education is minimal, although, in recent years, Muhammadiyah educational institutions have advanced to facilitate this. Therefore, this paper aims to 1) describe Muhammadiyah's progressive efforts in the field of inclusive education, 2) Analyze the opportunities and challenges of inclusive education in Muhammadiyah schools, and 3) Provide some constructive recommendations to improve the quality of inclusive education in Muhammadiyah schools. This paper uses a literature study method on relevant sources such as scientific journals, books, and news, then analyzed systematically according to scientific principles. The study results show that Muhammadiyah has contributed much to fulfilling the educational rights of children with special needs, primarily through inclusive education programs in Muhammadiyah schools. The findings of this study can be used as a reference and guideline for stakeholders in evaluating and developing a human resource curriculum and inclusive education in Muhammadiyah schools in a better direction.

References

Ali, M. (2016). Membedah tujuan pendidikan muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(01), 43–56.

Amrullah, M., & Silvia, E. D. E. (2021). Implementation of Religious Character Education at SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool UMSIDA During the Covid 19 Pandemic. Proceedings of The ICECRS, 10, 6–10.

Banati, A. U., & Rofiah, N. H. (2018). Peran Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Inklusif (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Dadapan Kabupaten Sleman). Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 29–34.

Budiarti, N. D., & Sugito, S. (2018). Potret Pendidikan Inklusif SD Muhammadiyah Sumberejo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 455–482.

Faridah, S. S. (2017). Penerimaan Anak Normal Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah Kota Cilegon). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Firmansyah, F., & Syamsudin. (2017). Manajemen Kurikulum Inklusi: Studi Implementasi Manajemen Kurikulum Inklusi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hadis, F. A. (2005). Toward inclusive, inclusive education in Indonesia: A country report. Seisa University.

Hanipudin, S. (2020). Pendidikan Islam Berkemajuan Dalam Pemikiran Haedar Nashir. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 305–320.

Ilahi, M. T., & Rose, K. R. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mara, D., & Mara, E.-L. (2012). Curriculum adaption in inclusive education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 4004–4009.

Mayasari, M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. INKLUSI, 3(1), 1–18.

Putra, E. P. (2021). SLB Muhammadiyah Bireuen Jadi Model Sekolah Inklusi di Aceh. Https://Www.Republika.Co.Id/Berita/R284r9484/Slb-Muhammadiyah-Bireuen-Jadi-Model-Sekolah-Inklusi-Di-Aceh.

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), 47–56.

Rohim, M. (2016). Pendidikan Inklusif Sebagai Upaya Meningkatkan Pendidikan Multikultur Di Sma Muhammadiyah 4 Yogyakarta. E-Societas, 5(4).

Rudiyati, S. (2013). Peningkatan kompetensi guru sekolah inklusif dalam penanganan anak berkebutuhan pendidikan khusus melalui pembelajaran kolaboratif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 296–306.

S, A. I. A. A. A. (2018). Pendidikan Inklusi di SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sage, N. (2018). Model Pembelajaran Sekolah Peduli Anak Hebat (Spah) Bagi Siswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(1), 1–11.

Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 241–251.

Syifa. (2020). 18 Tahun Jalani Pendidikan Inklusif, SD Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya Tuai Apresiasi. Https://Sdmuhammadiyah16kreatif.Com/18-Tahun-Jalani-Pendidikan-Inklusif-Sd-Kreatif-Muhammadiyah-16-Surabaya-Tuai-Apresiasi/.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi pada tingkat SD. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 13(1), 50–61.

Downloads

Published

2022-09-04

Issue

Section

Articles