KEMAMPUAN MENCERITAKAN BERBAGAI PENGALAMAN DENGAN PILIHAN KATA DAN EKSPRESI YANG TEPAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syafruddin Muhdar Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Arpan Islami Bilal Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9704

Keywords:

Ability, storytelling, experience.

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan objektif tentang kemampuan siswa menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa. Dalam mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah metode tugas dan metode observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kemampuan individual dan kelompok/kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 0% memiliki kemampuan tinggi  memiliki kemampuan sedang 15,39%, dan 84,61% orang memiliki kemampuan rendah dari 26 orang siswa sebagai sampel. Rata-rata kelompok (M) dan indeks prestasi kelompok (IPK) sebesar 28,11.  Jadi kemampuan menceritakan berbagai pengalaman pribadi dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat, siswa kelas 5 SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 dalam katagori rendah.

Abstract: The purpose of this study is to get a clear and objective picture of students' ability to tell various experiences with the right choice of words and expressions for grade 5 students of SDN 1 Cakranegara. The research method is a descriptive research method with a quantitative approach. The subjects in this study were grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year, totaling 26 students. In collecting data, the methods used are the task method and the observation method. The data analysis method used is a quantitative descriptive method to determine the abilities of individuals and groups / classes. The results of this study showed that 0% had high ability had medium ability 15.39%, and 84.61% of people had low ability from 26 students as a sample. The average group (M) and group achievement index (GPA) were 28.11.  So the ability to tell various personal experiences with the right choice of words and expressions, grade 5 students of SDN 1 Cakranegara for the 2021/2022 academic year in the low category.

References

Adelina, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1279

Astriyanti, Kurnia Dian (2011), Peningkatan Kemampuan Menceritakan Isi Cerita dengan Membaca Komik.

Bactiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2005. Metodik Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Fachrurrazi, A. (2012). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik Usia Dini. Pelangi Bahasa Dan Nusantara || Keberadaan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kancah Internasional, 236–245.

Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 138. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099

Huda, M., Rahmawati, A., & Putri, E. N. (2021). Mengkonstruksi Keterampilan Sebagai Pembawa Acara Pada Pengurus PKK Desa Karangrejo Kabupaten Karanganyar. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 506. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.6308

Iman, S., Fatha, M., & Juliyana, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Permainan Role-Playing Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Alim | Journal of Islamic Education, 3(1), 105–118. https://doi.org/10.51275/alim.v3i1.205

Indah, S. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52.

Indriastuti, F. (2016). Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 73. https://doi.org/10.32550/teknodik.v20i1.182

Irnawarida. 2014. Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Gambar yang Bertemakan Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN 2 Bengkel Tahun Pelajaran 2013/2014.

Joko Sukoyo, Sumaarlan, S. S. (2013). Hubungan Antara PenguasaanTingkat Tutur dan Sikap Ekstovert Dengan keterampilan Berbicara Krama Alus Mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Dana Sastra, 1(1), 97–107.

Khariani, C., & Nasution, W. N. A. (2018). Hubungan penguasaan diksi dengan keterampilan berbicara di depan kelas siswa kelas x. Komunitas Bahasa, 6(2), 98–103.

Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1547

Purwadarminta. 1984. Kamus bahasa indonesia. Jakarta

Mukhlis, M., Ulfiyani, S., & Mualafina, R. F. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Profesional dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Individual Mahasiswa Progdi PBSI Universitas PGRI Semarang. DEIKSIS, 9(01), 58. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.1122

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Utami, D., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Penguasaan Kalimat Efektif dan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 30. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3511

Untari, Pradina Nur. 2014. Kemampuan Menceritakan Kembali isi Cerita pada Anak Kelompok A di Gugus 2 Kecamatan Keretek Bantul.

Winata Putra, udin.S dkk. 2008. Materi dan pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-09-06

Issue

Section

Articles