PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9 BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH MALAWILI KABUPATEN SORONG
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i4.12333Keywords:
Media, Interactive, Android, Ispring Suite 9.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. (3) Mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. Penelitian ini menggunakan metode peneltian dan pengembangan (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten Sorong yang berjumlah 13 peserta didik untuk skala kecil dan 20 orang untuk skala besar. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan dinyatakan layak karena nilai rata-rata uji kelayakan oleh guru kelas rata 4,4 yang berada pada interval >4,2 - 5,0 dengan kategori sangat baik. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan dinyatakan layak karena hasil ujicoba skala kecil pada 13 peserta didik dikelas V memperoleh presentase nilai 87,87% katergori sangat baik kemudian dilanjutkan ujicoba skala besar pada 20 peserta didik dengan memperoleh presntasi nilai 89,11% kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis android sangat valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Abstract: This study aims to (1) Find out the development of interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning at Muhammadiyah Malawili Elementary School, Sorong Regency. (2) Knowing the feasibility of interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning at Muhammadiyah Malawili Elementary School, Sorong Regency. (3) Knowing the effectiveness of using interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning in Sekolas Dasar Muhammadiyah Malawili Sorong Regency. The development model used in this study is the ADDIE model. This model consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study were class V students of SD Muhammadiyah Malawili, Sorong Regency, totaling 13 students for small scale and 20 for large scale. The feasibility level of android-based interactive learning media was declared feasible because the average score of the feasibility test by the grade teacher averaged 4.4 which was at intervals of >4.2 - 5.0 with excellent categories. The feasibility level of android-based interactive learning media was declared feasible because the results of a small-scale trial in 13 students in class V obtained a percentage value of 87.87% very good category then continued with a large-scale trial in 20 students by obtaining a score of 89.11% in the excellent category. Thus android-based interactive learning media is very valid and effectively used in the learning process.
References
Ariyanti, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and Development, 8(2), 381.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Kemendikbud. (2014). Pembelajaran Biologi Melalui Pendekatan Saintifik. Kemendikbud.
Munir. (2012). Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Prabowo, S. A. (2015). The Effectiveness Of Scientific Based Learning Towards Science Process Skill Mastery Of PGSD Students. 4(1), 15–19. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3495
Pratiwi, Gading, S. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Univerisitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 25–32.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Cet.17). PT Raja Grasindo Persada.
Sasahan, E. Y., Oktova, R., & IRN, O. O. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif tentang optika berbasis android menggunakan perangkat lunak Ispring Suite 7.0 untuk mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada pokok bahasan interferensi cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52–61.
Sudibyo, B. (2006). Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang standar Isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Alfabet.
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517
Widoyoko. (2012). Tekni Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).