Pengaruh Implementasi Media Prezi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.20266Keywords:
Prezi Media, Pancasila Education, Learning Outcomes.Abstract
Abstrak: Penelitian ini didasari pada temuan saat observasi awal di SD, khususnya di kelas II menunjukkan guru dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih menggunakan cara konvensional dan belum menggunakan media sebagai alat pembelajaran. Maka peserta didik kelas II ketika mengikuti pelajaran kurang tertarik dan hasilnya masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya pengaruh pemakaian media Prezi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan materu Pancasila Dasar Negaraku di Kelas II SD. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen desain penelitian one group pre-test and post-test design. Seluruh kelas II di SD berjumlah 26 siswa merupakan sampel dari penelitian ini. Data dikumpulkan melalui pemberian tes sebelum dan sesudah pemberian tindakan kepada peserta didik yang kemudian hasilnya dianalisis melalui uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t. Melalui analisi data melalui uji hipotesis diketahui bahwa terdapa pengaruh yang signifikan media Prezi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada kelas II SD.
Abstract: This research is based on findings from initial observations in elementary school, particularly in the second-grade class, which indicated that teachers in the teaching of Pancasila and Civics still use conventional methods and have not utilized media as a learning tool. As a result, second-grade students were less interested in the lessons, and their performance was still very low. The purpose of this research is to investigate the influence of using Prezi media on the learning outcomes of Pancasila and Civics, specifically the Basic Principles of My State, in second-grade elementary school. This study is an experimental research with a quasi-experimental method using a one-group pre-test and post-test design. The entire second-grade class in the elementary school, totaling 26 students, is the sample of this research. Data were collected through tests administered before and after the intervention to the students, and the results were analyzed through prerequisite tests consisting of normality test, homogeneity test, and hypothesis test involving t-test. Through the analysis of hypothesis testing, it was found that there is a significant influence of Prezi media on the learning outcomes of Pancasila and Civics in the second-grade elementary school.
Â
References
Amelia, Cintya, and Alberth Supriyanto Manurung. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):4346–55. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2848.
Ervinalisa, Desma Yulia dan Novia. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018.†Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 2(1):15–24.
Hasanah, Annisa, Junaidi Indrawadi, and Maria Montessori. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di Daerah Tertinggal.†Journal of Moral and Civic Education 4(2):69–77. doi: 10.24036/8851412412020223.
Ikram, Ahmad Fadli Zil, Rina Elvia, and Dewi Handayani. 2021. “Pengaruh Pemanfaatan Media Presentasi Online Prezi Pada Materi Konsep Mol Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara).†Alotrop 5(1):64–73. doi: 10.33369/atp.v5i1.16488.
Jediut, Mariana, Eliterius Sennen, and Carolina Vebri Ameli. 2021. “Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Masa Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 2.†Jurnal Literasi Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 2, 2021 ISSN: 2(2):2–3.
Meidina, Risa, and Dr. Fahmi Rizal, M.Pd, M.T. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan Di Kelas X Tgb Smkn 5 Padang.†Cived 6(3). doi: 10.24036/cived.v6i3.106230.
Nirfayanti, Nirfayanti, and Syamsuriyawati Syamsuriyawati. 2019. “Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang.†Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 7(2):87–96. doi: 10.24256/jpmipa.v7i2.748.
Nurgiansah, T. Heru. 2021a. “Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.†JINTECH: Journal Of Information Technology 2(2):138–46. doi: 10.22373/jintech.v2i2.672.
Nurgiansah, T. Heru. 2021b. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 9(1):33–41.
Nurul Burhan, Muhammad Misbahul Munir, Aan Widiyono3. 2022. “Pengaruh Model Word Square Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.†… Education 3(2006):374–80.
Prasetiyo, Heru Budi. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli.†EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 1(2):1–7. doi: 10.29100/eduproxima.v1i2.1109.
Trisiana, Anita. 2020. “Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10(2):31. doi: 10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304.
Widiyanti, Nani, and Yoyo Zakaria Ansori. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Ciparay I.†Seminar Nasional Pendidikan 226–28.
Zumrotun, Erna, Syailin Nichla, and Choirin Attalina. 2020. “Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik.†Mimbar PGSD Undiksha 8(3):499–507.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).